Peningkatan kualitas artikel ilmiah, Unimal akan adakan workshop

Peningkatan kualitas artikel ilmiah, Unimal akan adakan workshop

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Dalam upaya peningkatan kualitas penulisan artikel ilmiah, Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe bersama Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) akan menyelenggarakan workshop untuk kalangan civitas akademika, baik mahasiswa sarjana maupun mahasiswa pascasarjana.

Acara workshop ini akan dilaksanakan pada 19-20 Januari 2018 di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe dengan menghadirkan tiga narasumber, Ansari Saleh Ahmar, Yulius Rief Alkhaly dan Robbi Rahim.

Pihak panitia acara, Dahlan Abdullah menuturkan untuk saat ini peserta yang sudah mendaftar mencapai 60 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Aceh.

“Peserta dari luar Aceh, seperti Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang dan Surabaya juga sudah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran,” jelasnya.

Dahlan pun menyebutkan, sebenarnya pendaftaran telah ditutup pada Kamis (4/1), namun diperpanjang hingga Senin (15/1) karena banyaknya permintaan dari peserta disebabkan baru selesai liburan akhir tahun sehingga tidak sempat menyelesaikan artikel yang akan dikirim ke panitia.

Workshop ini nantinya akan dibuka langsung oleh Rektor Unimal Prof Apridar. Usai workshop panitia juga akan mengajak peserta vacation ke Tanah Gayo untuk minum Kopi Gayo di bukit salak, di ladang, menikmati indahnya Danau Lut Tawar dan pemandangan Gunung Salak dan diakhiri dengan belanja souvenir khas Aceh.

“Ya, kita akan perkenalkan Aceh ini melalui vacation ke Tanah Gayo, yang penting usai workshop, peserta kita ajak liburan agar enjoy,” pungkas Dahlan.

Sementara itu, Heri Nurdianto salah satu tim KO2PI.org menginformasikan bahwa dibulan Januari ini Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) akan adakan workshop di tiga kota, yaitu Aceh, Padang dan Jakarta, dimana sebelumnya sudah diadakan di Kota Medan dan Surabaya pada bulan Desember yang lalu.

Heri mengatakan dengan membayar Rp 1,5 juta, peserta akan mendapatkan sertifikat workshop, makan siang dan snack, sedangkan materi yang akan disampaikan dalam workshop nanti, seperti teknik penulisan publikasi internasional, perbaikan referensi/sitasi dengan mendeley, cek similarity dan ithenticate, teknik prafrase untuk menghindari plagiat dan review draft artikel peserta.

Keluaran dari workshop WMA ini nantinya pada publikasi Proceeding Indexed Scopus yang akan terbit di akhir bulan April 2018. “Ini merupakan kegiatan positif dalam peningkatan publikasi di Indonesia dan sejalan dengan kebijakan Kementerian Ristek Dikti yang mengharuskan LK dan GB untuk memiliki publikasi sesuai Permen 20 tahun 2017,” kata Heri Nurdianto yang juga Managing Editor International Journal of Artificial Intellegence Research, IJAIR.id. [Aidil/rel]

Related posts