Pidie Jaya cetak sawah baru seluas 9,2 hektare

Pidie Jaya cetak sawah baru seluas 9,2 hektare
Forkopimda Pidie Jaya menanam padi sebagai simbolis peresmian lahan sawah baru seluas 9,2 hektare di Desa Blang Sukon Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (9/1). (Ist)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersama Kodim 0102/Pidie mencetak lahan sawah baru seluas 9,2 hektare di Desa Blang Sukon Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (9/1).

Turut melaksanakan penanaman padi perdana adalah Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas, Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Donny Indiawan, Ketua DPRK Pidie Jaya yang diwakili Ketua Komisi B, Heri Ahmadi, Kadistan Pidie Jaya, Muzakir Muhammad, Kapolres Pidie yang diwakili Aiptu Jalaluddin, kelompok tani Blang Paya Rayeuk, dan lainnya.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Donny Indiawan menjelaskan, tanam padi perdana di lahan sawah baru ini merupakan langkah awal terlaksananya program Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pidie Jaya berkerja sama dengan Kodim 0102/Pidie dalam rangka mensuksekan program swasembada pangan. Serta sebagai upaya untuk memperkuat negara melalui peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan sejahteranya masyarakat maka negara akan kuat, sebaliknya suatu negara akan mudah untuk dihancurkan apabila penduduknya miskin serta tidak ada kepercayaan lagi kepada pemerintah,” katanya.

“Semoga tanam padi yang kita laksanakan ini di ridhoi oleh Allah yang maha kuasa sehingga mendapat hasil yang memuaskan,” harap Donny.

Sementara Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas mengucapkan terima kasih kepada TNI AD khususnya Dandim 0102/Pidie beserta jajarannya, karena telah membantu meningkatkan jumlah sawah di Kabupaten Pidie Jaya melalui program pembuatan lahan cetak sawah baru ini.

Bupati Aiyub juga mengucapkan terimakasih kepada PPL dan para Babinsa yang telah mendampingi petani dengan memberikan cara menanam padi dengan sistem Jajar Legowo (Jarwo) yang ternyata dapat meningkatkan jumlah panen.

“Kepada warga masyarakat saya berharap agar dapat memanfaatkan sawah yang telah dibuatkan ini secara maksimal,” ujar dia. [Aidil/rel]

Burni Telong Festival

Related posts