Rektor lantik Profesor Termuda jadi Dekan FKP Unsyiah

Rektor lantik Profesor Termuda jadi Dekan FKP Unsyiah
Rektor Unsyiah, Samsul Rizal melantik Dekan FKP Unsyiah, Muchlisin. (Humas Unsyiah)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng, Jumat (2/2) melantik profesor termuda Unsyiah, Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc, sebagai Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) periode 2018-2022.

Pelantikan ini berlangsung di Lobi VIP Gedung AAC Prof. Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

Muchlisin menggantikan dekan sebelumnya Prof. Dr. Adlim, M.Sc yang merupakan dekan pertama fakultas ini. Sebelumnya, Muchlisin menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FKP Unsyiah.

Ads

Muchlisin merupakan dosen di Program Studi Budidaya Perairan sejak tahun 1999. Ia juga pernah dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi I tingkat Unsyiah pada tahun 2013.

Dalam sambutannya, Rektor Unsyiah, Samsul berharap Muchlisin dapat bekerja meningkatkan kualitas program studi, termasuk meningkatkan nilai akreditasi dan pendampingan submit jurnal.

Sebab menurut Samsul, saat ini jumlah publikasi jurnal Unsyiah terus meningkat setiap tahunnya, tidak terkecuali dari dosen FKP sendiri. Jurnal-jurnal ini umumnya telah terindeks oleh SINTA (Science and Technology Index), Google Scholar, Scopus, dan Thomson Reuters.

“Saat ini Unsyiah telah membentuk tim khusus untuk memudahkan dan membantu para dosen dalam penulisan maupun pembiayaan jurnal ilmiah,” ujar dia.

Selain itu, Samsul juga berharap agar FKP terlibat aktif dalam peningkatan keilmuan, riset, dan pengabdian di bidang kelautan dan perikanan di Aceh. Ini bertujuan agar FKP mampu berkontribusi meningkatkan kehidupan ekonomi para nelayan Aceh yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

“FKP Unsyiah harus terlibat langsung memberi solusi. Baik melalui pendidikan maupun pelatihan kepada nelayan. Kita berharap Pemerintah Aceh konsisten mendukung gebrakan kita ini,” pesannya.

Pelantikan ini turut dihadiri dekan dari berbagai fakultas, para guru besar, ketua Lembaga, dosen, dan civitas akademika lainnya. [Aidil/rel]

Ads Peringatan Tsunami ke 14
GAMIFest Panen Kopi 2018