Manfaat jika PSMS bermarkas di Stadion Harapan Bangsa

Manfaat jika PSMS bermarkas di Stadion Harapan Bangsa
Dokumentasi - Pertandingan Mongolia vs Indonesia di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (4/12). (CNNIndonesia)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pelaku dan penggemar sepakbola mengatakan akan banyak manfaat apabila PSMS Medan menggunakan Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhong Raya, Banda Aceh, sebagai home base (tuan rumah) Liga I nasional.

Presdien Aceh United Football Club (AUFC) H M Zaini Yusuf yang diminta pendapatnya di Banda Aceh, Sabtu (3/2) mengatakan apabila PSMS menjadikan SHB sebagai home base akan banyak manfaat, yakni akan memberikan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Aceh.

“Dari sewa stadion akan memberikan PAD, jika PSMS memakai SHB,” ujar Zaini yang pernah memperkuat tim PON Aceh ini dilansir aceh.antaranews.com.

Ads

Zaini menyebutkan adanya pertandingan Liga I nasional di Banda Aceh karena PSMS memakai SHB maka akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Katanya, pertandingan Liga I tentu akan menjadi sungguhan hiburan bagi masyarakat terutama bagi penggemar si kulit bundar.

Sebutnya lagi, masyarakat akan punya kesempatan menyaksilan tim-tim elit Liga I bermain di SHB, diantaranya Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Barito Putra.

Katanya, pagelaran pertandingan Liga I tentunya bermanfaat juga bagi para pemain tim Aceh, karena bisa meilihat penampilan pemain-pemain berkualitas dari tim elit.

“Banyak manfaat kalau PSMS home base di SHB, transportasi bertambah, karena bakal hadir fans PSMS dari Medan ke Banda Aceh,” ujarnya.

Disinggung soal lapangan, mantan pemain PSSB Bireuen ini menyebutkan lapangan harus diperhatikan jangan sampai rusak.

Begitupun, sebutnya, liga bukan seperti turnamen yang pertandingan terus-menerus dalam beberapa hari. Pertandingan kandang di liga kadang seminggu sekali.

Menurutnya, lapangan yang digunakan punya waktu untuk perbaikan setelah digunakan untuk pertandingan selanjutnya, karena lapangan tidak digunakan terus-menerus dalam berapa hari seperti turnamen.

Dikuatirkan berbenturan pertandingan Liga I dengan Liga II yang bercokol dua tim Aceh yaitu Persiraja dan Aceh United Football (AUFC), menurutnya mengenai jadwal bisa diatur oleh penyelenggara liga, sehingga tidak berbenturan.

Disebutkan, apabila PSMS jadi memakai lapangan SHB, berarti tiga tim yang berhome-base di stadion yang berkapasitas 20 ribu penonton ini, dua tim lain yaitu Persiraja Banda Aceh dan Aceh United.

Informasi yang diperoleh, Persiraja Banda Aceh akan berhome-base juga di SHB karena stadion H Dimurtaha juga akan direnovasi saat pelaksanaan liga nanti.

Sementara itu PSMS Medan ingin memakai SHB sebagai tempat tuan rumah (home base) untuk pertandingan kandang (home) Liga I, setelah manajemen klub berjuluk ayam kinantan ini melayangkan surat permohonan izin pemakaian SHB kepada Gubernur Aceh.

Seperti diketahui PSMS Medan ingin memakai SHB pada Liga I PSSI 2018, karena Stadion Teladan Medan sedang dalam tahap renovasi. Stadion aternatif yaitu Stadion Baharoedin Lubuk Pakam, setelah diverifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memenuhi persyaratan (tidak layak). []

Ads