28 Februari, Jejak Setapak di Tanah Rencong diluncurkan di Jakarta

28 Februari, Jejak Setapak di Tanah Rencong diluncurkan di Jakarta

Jakarta (KANALACEH.COM) – Buku berjudul Jejak Setapak di Tanah Rencong, akan diluncurkan pada Rabu (28/2) di The Atjeh Connection-Sarinah, Jakarta pada pukul 16.00 WIB-18.00 WIB. Buku yang ditulis oleh Siti Rahmah itu diterbitkan Maslamah Media Mandiri.

Menurut Aida Maslamah Ahmad selaku CEO Maslamah Publishing mengatakan, kehadiran buku Jejak Setapak di Tanah Rencong ini bisa dipastikan telah menambah kaya dunia literasi Indonesia, sekaligus menjadi bahan bacaan bermutu bagi penikmat sejarah Aceh dan Indonesia.

“Ada kebanggaan dari kami, karena telah menerbitkan buku berkualitas dan bernas. Karena generasi kita sangat perlu disuguhi bacaan-bacaan yang mendidik dan menyenangkan untuk dibaca, Jejak Setapak di Tanah Rencong salah satu pilihannya,” ujarnya dalam siaran peesnya kepada Kanalaceh.com, Senin (26/2).

Buku setebal 273 halaman ini, berisikan tentang kumpulan tulisan yang pernah dipublikasi di media massa, cetak maupun online. Namun ada pula beberapa tulisan yang ditulis belakangan dan belum pernah dipublikasikan.

Aida Maslamah menjelaskan, dalam lembaran kisah yang terangkum, terekam perjalanan Siti Rahmah bertemu dengan para mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), para tokoh GAM, pejabat Tentara Nasional Indonesia (TNI), tokoh Aceh di Jakarta hingga masyarakat setelah perjanjian perdamaian di Aceh.

“Namun, isi buku ini tidak melulu membicarakan tentang konflik dan proses perdamaian itu sendiri, masih ada kisah-kisah manis, pencapaian, dan prestasi anak Aceh di kancah Nasional dan Internasional yang dirangkum menjadi penyeimbang dalam buku ini,” jelasnya.

Buku ini diberi kata pengantar oleh Prof Yusny Saby Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Buku ini juga diberikan endorsement dari Prof Eka Srimulyani Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Risman A. Rachman CEO aceHTrend, Saifuddin Bantasyam Akademisi Unsyiah, Adi Warsidi Ketua AJI Banda Aceh (2015-2018), Herman RN sastrawan Aceh, Murizal Hamzah Jurnalis di Jakarta dan penulis buku biografi Deklarator Aceh Merdeka Hasan Tiro dan Tarmizi Harva, mantan fotografer Reuter’s dan fotografer peliput konflik Aceh.

Peluncuran buku Jejak Setapak di Tanah Rencong ini nantinya dihadiri oleh beberapa tokoh penting baik dalam masa konflik Aceh, maupun masa perdamaian dan menjadi narasumber dalam buku ini, seperti (Purn) Letnan Jenderal Bambang Darmono, Gubernur Aceh periode tahun 2000-2004 Abdullah Puteh, Dr Said Azis tokoh Aceh di Jakarta, Kolonel Inf Heriyadi yang pernah bertugas selama 7 tahun di Aceh. Juga akan hadir Irine Hiraswari Gayatri sebagai peneliti masalah konflik dari LIPI.

“Acara ini terbuka untuk umum,” kata Aida. [Aidil/rel]

Related posts