Di Nagan Raya, mobil pengantin perempuan ditarik oleh pria menggunakan rambut

Pria menarik mobil mempelai perempuan dengan rambut. (ist)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Pernikahan merupakan prosesi yang begitu penting bagi pasangan yang saling mencintai untuk melangsungkan hidupnya.

Di Aceh berbagai pesta pernikahan dilakukan sesuai dengan budaya daerah masing-masing dengan begitu kental. Selain itu karena sebagian besar masyarakat Aceh beragama Islam maka nilai-nilai budaya Islam sangat diutamakan dan dipegang teguh oleh masyarakat untuk diterapkan.

Namun ada yang unik saat pesta pernikahan salah satu pasangan ini. mobil pengantin perempuan sebelum sampai dirumah pengantin laki-laki disambut dengan atraksi berbahaya, yakni mobil pengantin perempuan ditarik dengan rambut seorang laki-laki dengan cara mengikat mobil dengan tali lalu diikatkan dengan rambut lelaki itu yang dibantu beberapa warga setempat.

Informasi yang berhasil dihimpun kanalaceh.com, pesta pernikahan tersebut dari pasangan bernama Teuku Malikon dan Uswatul Hasanah di daerah Lhok Meujid, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Sabtu (18/3).

Salah satu rombongan dari antar Dara Baro (Pengantin Perempuan), Muhammad Mauliza mengatakan mobil tersebut ditarik sebagai acara penyambutan dari pihak keluarga pengantin laki-laki dan itu dilakukan sebelum sampai dirumahnya.

“Acara antar Dara Baro (Pengantin Perempuan), sebelum sampai kerumah pengantin laki-laki, mobil kami disambut dengan atraksi ditarik mabil hanya dengan memakai rambut,” Muhammad Mauliza saat dihubungi, Minggu (18/3).

Kata dia, saat ditanya bagaimana proses penarikannya, awalnya mobil pengantin perempuan bersama rombangan diberhentikan sebelum tiba dikediaman pengantin laki-laki, langsung dilakukan atraksi tersebut

“Kira-kira 100 meter sebelum sampai dirumah Linto Baro (Penganti Laki-laki) mobil yang ditumpangi pengantin perempuan ditarik oleh seseorang laki-laki hingga sampai kerumah, tapi saya ngak tahu siapa nama yang menarik mobil tersebut,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts