Wagub tinjau rumah sakit dan pelabuhan di Simeulue

Wagub tinjau rumah sakit dan pelabuhan di Simeulue
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue, Selasa (27/3). (Humas Aceh)

Simeulue (KANALACEH.COM) – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue, Selasa (27/3). Di sana, Wagub Nova bersosialisasi dengan pasien yang tengah berobat dan dokter yang menangani pasien.

Kepada para dokter, Wagub Nova berpesan untuk memberikan pelayanan terbaik. “Tolong rakyat dilayani dengan baik ya,” tegasnya.

Beberapa ruangan yang dikunjungi Wagub Nova di RSUD Simeulue tengah proses pembangunan. Di antaranya adalah Poli Hemoliadisa (cuci darah). Poli ini disebutkan akan segera difungsikan bulan depan.

Sementara beberapa ruangan lain, didapati belum sesuai standar. Misal ruang bersalin, yang menurut Wagub Nova, butuh untuk segera direhab. Ruangan tersebut terlihat agak kusam, dan ranjang mulai berkarat.

“Harus rehab berat ini,” kata Wagub Nova. Ia menyebutkan banyak hal yang harus dibenahi di rumah sakit tersebut.

Selain itu, beberapa ruangan masih berbau tak sedap. Wagub meminta agar pihak rumah sakit menyediakan pengharum ruangan di setiap ruang yang ditempati pasien. “Kalau nggak taruh bubuk kopi di atas piring, langsung netral bau ruangan,” kata Nova.

Tinjau pelabuhan

Usai meninjau rumah sakit, Wagub Nova didampingi Bupati dan Forkopimkab Simeulue mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Sinabang. Gedung pelabuhan induk itu baru selesai dibangun dengan APBA 2017. Setiap harinya, ada tiga kapal yang melayani trayek ke Labuhan Haji, Kuala Bunon dan Singkil.

Wagub Nova mengatakan, kondisi gedung operasional pelabuhan sudah baik. Namun kondisi dermaga sudah rusak dan butuh perbaikan segera. Dolphin tempat penambatan kapal pun terlihat patah.

Jadinya saat ini hanya satu kapal yang bisa bersandar. Jika kapal merapat berbarengan, salah satu kapal harus merapat ke pelabuhan lama di Kota Sinabang.

“Harus desain ulang untuk pelabuhannya. Tidak memadai ini,” kata Wagub Nova. “Kita akan usahakan di APBA dan APBN 2019.”

Pemkab Simeulue merencanakan untuk membangun satu pelabuhan lainnya di Sibigo Simeulue Barat. Karenanya, Bupati Simeulue Erli Hasyim meminta dukungan dari Pemerintah Aceh.

Pembangunan pelabuhan di Sibigo dulunya telah hampir dimulai. Namun persolan perizinan membuat pelabuhan tersebut urung dibangun. Saat ini dikabarkan Detail Engineering Design (DED) telah selesai.

“Siapkan surat dan lampirkan DED-nya. Nanti saya akan sampaikan ke Menteri Basuki untuk pembagunan pelabuhan di Sibigo Simeulue Barat,” kata Nova. [Aidil/rel]

Related posts