Essien: Bermain di Indonesia tidak mudah dari yang saya bayangkan

Essien: Bermain di Indonesia tidak mudah dari yang saya bayangkan
Michael Essien. (Radar Bandung)

(KANALACEH.COM) – Perjalanan karier Michael Essien bersama Persib Bandung memang tidak begitu baik. Bagaimana tidak, mantan bintang Chelsea dan Real Madrid tersebut harus puas menerima kenyataan kontraknya diputus oleh manajemen klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Sebagaimana diketahui, sebelum gelaran Liga 1 musim 2017 berlangsung, Persib memang membuat kejutan dengan merekrut Essien. Manajemen Persib sukses meyakinkan Essien yang pada saat itu berstatus tanpa klub untuk berkarier di kompetisi Indonesia.

Akan tetapi sayangnya, performa Essien bersama Persib nyatanya jauh dari ekpektasi yang diharapkan para bobotoh –sebutan pendukung Persib. Terhitung dari 29 penampilan di Liga 1 2017, Essien hanya mampu menyumbangkan lima gol saja.

Performa buruk itu menjadi penyebab manajemen Persib memutuskan untuk tak memakai jasanya lagi pada Liga 1 musim 2018.

Tim arahan Mario Gomez tersebut memutuskan lebih memililh merekrut Jonathan Bauman dan memutus kontrak Essien yang sejatinya masih ada satu tahun lagi.

Mengetahui kondisi tersebut membuat Essien pun lantas memberikan komentar terkait perjalanan karier singkatnya di Persib. Ia mengakui bahwa kompetisi di Indonesia memang sangat sulit dari apa yang dibayangkan sebelumnya.

Meski begitu, mantan pemain Timnas Ghana tersebut mengaku sangat puas dengan kariernya di Indonesia, lantaran memiliki banyak pendukung fanatik yang selalu memenuhi stadion-stadion di pertandingan Liga 1.

“Saya merasa cukup menikmati musim pertama saya di sana (kompetisi Indonesia). Itu bukan tempat yang mudah (untuk berkarier), dan bahkan lebih sulit dari yang saya bayangkan sebelumnya,” ucap Essien, seperti dikutip dari Ghana Soccernet, Rabu (28/3).

“Segala sesuatunya berjalan berbeda di sini, tidak bisa dibandingkan sama sekali dengan di Eropa. Kami melakukan perjalanan jauh untuk melakoni sebuah pertandingan. Itu tidak mudah, tapi mereka (penggemar sepakbola di Indonesia) sangat fanatik,” sambungnya.

“Bahkan hampir pada setiap pertandingan, saya menyaksikan stadion selalu penuh. Mereka benar-benar sangat berisik, dan itu membuat saya cukup menikmati perjalanan karier saya di sana,” tuntas pemain berusia 35 tahun tersebut. [Okezone]

Related posts