Selesai jalani operasi katarak, Nyak Sandang bisa baca Alquran kembali

Selesai jalani operasi katarak, Nyak Sandang bisa baca Alquran kembali
Nyak Sandang (di kursi roda) usai menjalani operasi katarak di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (28/3) pagi. (Ist)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Alhamdulillah, Nyak Sandang akhirnya kembali bisa melihat pasca menjalani operasi katarak pada Rabu (28/3) pukul 08.30 WIB tadi. Impian Nyak Sandang untuk bisa membaca Alquran kembali akhirnya terwujud.

Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM(K), PhD selaku yang melakukan tindakan operasi mengatakan, operasi ini tergolong operasi yang sulit karena faktor usia pasien dan selaput katarak yang sudah mengeras.

“Alhamdulillah operasinya berjalan dengan lancar. Sebelum operasi, jarak pandang pasien sekitar 20 cm, pasca operasi penglihatan pasien sudah mencapai satu meter. Memang ada sedikit kesulitan ketika proses penyedotan selaput karena selaputnya sudah mengeras. Lain-lainnya Alhamdulillah berjalan lancar,” ungkap Tjahjono seperti dikutip Humas ACT Aceh, Rahmat Aulia.

Dalam melakukan operasi, Tjahjono bersama dr Subandono Bambang Indrasto yang merupakan kepala departemen mata di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta.

Rahmat mengatakan, dr Bambang mengatakan teknik operasi yang dilakukan pada Nyak Sandang adalah dengan menyedot selaput katarak menggunakan pipa, atau masyarakat mengenalnya dengan istilah laser.

Setelah semua selaput katarak tersedot, dimasukkan lensa baru yang akan mengembang dengan sendirinya begitu selesai dimasukkan. Bicara kesulitan selama operasi, dr Bambang mengungkapkan hal yang sama seperti yang disampaikan oleh Tjahjono.

“Kita kerja sama untuk melakukan operasi mata Nyak Sandang. Masa penyembuhan ini akan memakan waktu sekitar tiga hari,” sebut Rahmat.

Mengutip keterangan dokter, Rahmat mengatakan kemungkinan Nyak Sandang sudah bisa kembali ke rumah. Namunada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan Nyak Sandang, seperti mengejan ketika buang air besar, atau mengucek-ngucek mata.

“Semua pantangan ini sudah disampaikan ke keluarga pasien. Kita doakan Nyak Sandang yang sudah membantu banyak negeri ini, terus sehat dan matanya bisa segera pulih total,” ujar dr Bambang dikutip Rahmat

Rahmat menjelaskan, pihak keluarga juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang selama ini sudah banyak membantu Nyak Sandang. Dimulai dari Nyak Sandang di Aceh hingga saat ini.

“Kami dari pihak keluarga menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang selama ini sudah membantu banyak Nyak Sandang dimulai dari Aceh hingga detik ini. Terutama kepada Presiden Jokowi. Berkat doa kita semua, kini Nyak Sandang sudah kembali bisa melihat. Alhamdulillah salah satu impian beliau kini terwujud, impian untuk bisa kembali membaca Alqur’an,” ujar Adi, relawan ACT Aceh yang selama ini mendampingi Nyak Sandang. [Aidil/rel]

Related posts