Drainase di Sabang sering meluap

Drainase di Sabang sering meluap
Peninjauan ke titik drainase di seputaran Kota Sabang, Kamis (29/3). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Sabang, Ir Anas Fahruddin meninjau langsung kebeberapa titik drainase yang sering meluap akibat penyumbatan di seputar Kota Sabang, Kamis (29/3).

Anas Fahruddin mengatakan, diperlukan pembersihan secara rutin serta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Sabang (DLHK) bekerja sama dengan Forum Komunitas Hijau Teurawah dan Sahabat kota juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Sabang membersihkan kawasan tersebut.

Antara lain, kawasan Simpang Garuda yang hampir setiap sore air meluap ke badan jalan karena saluran tersebut sudah mampet oleh sampah plastik atau tanah.

Di Depan Gedung Kesenian Kota Sabang perlu pemotongan jalan dimana saluran yang sudah sempit didalam saluran juga ada pipa milik PDAM dan PT Telkom sehingga semakin sempit saluran tersebut.

Untuk diketahui, padahal dalam peraturannya tidak boleh ada pipa didalam saluran atau drainase karena bisa menyebabkan penyumbatan.

“Maka kita butuh bantuan dari Dinas PU untuk memotong jalan guna membuat saluran baru dan kita akan segera memberitahukan sipemilik pipa untuk segera memindahkan pipanya,” kata Anas.

Anas pun turut mengajak kerja sama kepada pihak terkait untuk bekerja sama mengatasi masalah kebersihan Kota Sabang.

“Ini erat kaitannya dengan program Walikota Sabang untuk menciptakan Sabang bersih, kalau saluran atau gorong-gorong masih tersumbat maka kita tidak akan bisa maksimal dalam kebersihan kota,” katanya.

Anas menambahkan, intinya harus bersinergi dalam bekerjasama antara DLHK Kota Sabang Dinas PUPR Kota Sabang dan Sahabat Kota untuk menciptakan Sabang bebas dari sampah karena mencegah lebih baik dari mengobati. [Diki Arjuna]

Related posts