Warga Lambaro temukan bom seberat 20 kg

Sebuah bom dengan jenis mortir di temukan oleh warga di kawasan Lambaro kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Di duga bom tersebut sisa peninggalan perang dunia ke dua.(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Diduga bom jenis mortir sisa peninggalan perang dunia ke dua di temukan oleh warga di kawasan Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Bom jenis mortir dengan panjang 30 centimeter dan berat 20 kilogram itu ditemukan oleh Hendra Eka saputra (28) pekerja toko dilokasi setempat.

Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto melalui Kapolsek Ingin Jaya, AKP Nuzul Fitra saat dikonfirmasi mengatakan penemuan itu berawal dari Hendra dan rekannya bernama Kamaruddin (23) sedang memancing di kawasan Krueng Raya, Aceh Besar. Saat menaiki bukit, ia melihat sebuah besi tertanam di tanah dan mencungkil besi tersebut.

Besi yang ditemukan pun berbentuk bulat dan merancang. Hendra kemudian membawa temuannya itu ke tempat berteduh yang kemudian dimasukkan ke dalam tas sandang yang dikenakannya.

“Temuannya itu lalu dibawa pulang dan diletakkan di belakang toko tempat ia bekerja,” kata AKP Nuzul Fitra, kepada Kanalaceh.com Jumat (12/4).

Kemudian, kata dia,  Fahrulrazi selaku pemilik toko yang mengetahui hal itu menduga bahwa benda yang ditemukan karyawannya adalah bom. Ia pun melaporkan hal itu ke Mapolsek Ingin Jaya, yang kemudian diteruskan ke Unit IV Sat Intelkam Polresta Banda Aceh.

Polisi yang tiba di lokasi setelah mendapat laporan pun kemudian melakukan pengecekan dan ternyata benar bahwa benda itu merupakan bom yang diduga dari peninggalan zaman Belanda saat perang dunia kedua.

“Selanjutnya, mortir itu dievakuasi dan diamankan oleh tim Subden I Den Gegana Unit Jibom Sat Brimob Polda Aceh,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts