Rizal Ramli sebut penggunaan dana otsus Aceh tidak transparan

Rizal Ramlektor I dan Wakil Rektor I Unmuha usai menggelar kuliah umum, Senin (16/4). (Dani Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli mengatakan Aceh merupakan daerah yang memiliki dana Otonomi Khusus (Otsus) cukup besar, namun ia prihatin karena sejauh ini belum terlihat hasil yang cukup baik. Apalagi rakyatnya masih banyak yang miskin.

Ia melihat, proses penggunaan dana Otsus tersebut selama ini tidak dijalankan secara transparan dan bahkan belum tepat sasaran. Sehingga, dari puluhan Trilliun yang di gelontorkan ke Aceh masih belum mengangkat indeks ekonomi Aceh.

“Saya kaget dan sedih kok hasilnya nyaris tidak ada, seharusnya Aceh sudah bisa bersaing dengan provinsi lain,” kata Rizal Ramli kepada wartawan usai mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Senin (16/4).

Aceh, kata dia, merupakan daerah yang  kaya baik dari segi pendapatan, rakyat yang  berani  melakukan inovasi  dan  juga pintar. Namun dirinya merasa sedih karena ekonomi Aceh pada tahun lalu hanya tumbuh 4,2 persen, dibawah rata-rata Nasional 5 persen.

Dia pun merasa bingung dengan kondisi Aceh saat ini, daerah yang mempunyai dana Otsus paling besar sejak 2007 lalu itu, tetapi kini menjadi provinsi paling miskin di Sumatera, angka pengangguran tinggi, dan bahkan paling miskin ke 5 di Indonesia.

Rizal meminta kepada masyarakat Aceh untuk mendesak pemerintah agar mengumumkan jumlah serta penggunaan dana Otsus melalui media massa, sampai pada penanggung jawab hingga manfaat dari proyek yang dilakukan tersebut.

“Untuk apa saja, proyek apa saja, yang tanggungjawab siapa, koordinatornya siapa, manfaatnya apa, itu harus dijelaskan oleh pengguna dana otsus ke masyarakat,” sebutnya.

Kemudian, lanjutnya, dengan seperti itu tidak hanya anggota DPR yang bisa mengawasi, tetapi masyarakat, baik dari kalangan universitas maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat melakukan pengawasan. “Jika itu dilakukan, saya percaya Aceh bisa tumbuh lebih pesat dan berkembang,” ujarnya. [Randi]

Komentar Facebook
Ads
Selamat menunaikan ibadah puasa 1439H, Tarmilin Usman, SE, M.Si - Ketua PWI Aceh
Ucapan Selamat Kepada Kabupaten Pidie meraih penghargaan WTP