76 Pengungsi Rohingya Terdampar di Bireuen

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebuah perahu yang membawa 76 orang pengungsi Rohingya terdampar di perairan Aceh, tepatnya di Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen (20/4).

Informasi yang diperoleh, 76 pengungsi Rohingya itu terdiri dari 25 perempuan, Laki laki 43 orang dan anak-anak delapan orang. Semua mereka menaiki dengan satu kapal kayu.

Mereka ditemukan oleh nelayan setempat pada Pukul 14:00 WIB. “Mereka ditemukan oleh nelayan, lalu digiring ke darat untuk diselamatkan,” kata Kordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bireuen, Hidayat saat dikonfirmasi.

Saat diperiksa kesehatannya, kata dia, sekitar lima orang pengungsi Rohingya mengalami sakit, tiga diantaranya laki-laki dan dua orang perempuan. “Ini masih kita periksa kesehatannya, mereka sudah diberikan infus di lokasi,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto membenarkan adanya pengungsi Rohingya yang terdampar di pesisir Bireuen. “Betul, mereka saat ini di pantai Kuala Raja, ini saya mau cek kelokasi,” katanya.

Saat ini belum diketahui secara pasti tujuan pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh ini. Dari data yang dihimpun, sebulan terakhir sudah dua kali mereka terdampar di Aceh. Sebelumnya pada awal Bulan April 2018, lima warga Rohingya terdampar di perairan Aceh Timur. [Randi]

Related posts