Di Pidie, marak pencurian ternak dengan modus diracun

Ilustrasi. (suarabekasi.com)

Sigli (KANALACEH.COM) – Tiga sapi dan satu ekor kambing milik warga Gampong Karieng, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie ditemukan mati. Diduga penyebab kematian itu sengaja dirajun oleh spesialis pencuri hewan ternak yang gentayangan di wilayah mereka.

Keuchik Gampong Karieng, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie Ismail Hinca, kepada kanalaceh.com, Jumat (20/4) mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat (20/4) sekira pukul 05.00 WIB. warga sebenarnya tidak tahu jika ada orang yang meracuni hewan ternak di gampongnya.

Namun mereka mengetahui ada dua mobil yang masuk ke wilayah mereka pada pukul 05.00 WIB. “Jadi mereka telah meracuni hewan ternak, namun tidak sempat mengambilnya,” jelas Keuchik.

Warga baru mengetahui jika ada ternak yang mati akibat diracun pada pagi hari. Namun tidak mengetahui siapa pelakunya, sebab kejadian seperti itu sudah sering terjadi di gampong tetangga, namun baru kali ini pencuri beraksi di daerhnya. “Ini harus diwaspadai menjelang megang puasa,”pinta Keuchik.

Ketiga sapi dan satu kambing yang diracun masing-masing milik Ramli Husen (60), Sekdes Ismail (50) dan M. Gade Yacob,(70). Sedangkan seekor kambing milik Muhammad Saleh (65), pihaknya tetap waspada terhadap pencuri hewan ternak dengan menggunakan racun.

Ia menghimbau kepada masyarakat diminta agar memperketat keamanan Gampong dari gangguan Kamtibmas. “Ini pasti akan terjadi lagi makanya kepada pemuda Gampong untuk memperketat keamanannya dengan ronda malam,”tegas keuchik. [Amir Sagita]

Related posts