Ini tren wisatawan Indonesia ke Malaysia

Malaysia. (okezone.com)

(KANALACEH.COM) – Tahun 2017 lebih dari 2,7 juta orang wisatawan Indonesia berkunjung ke Malaysia. Secara umum mereka menyukai wisata belanja.

“Tahun 2017 wisatawan Indonesia menempati peringkat ke dua terbanyak yang datang ke Malaysia, setelah wisatawan Singapura. Jumlahnya 2.796.570 orang,” kata Roslan Othman, Direktur Malaysia Tourism Board seperti dikutip laman Kompas.com, Minggu (22/4).

Menurutnya, wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia umumnya menyukai wisata belanja, terlebih saat momen pesta diskon di beberapa waktu tertentu.

Di waktu-waktu tertentu harga barang-barang merek internasional di Malaysia lebih murah daripada yang dijual di Indonesia. Seperti saat “mega sale” pada bulan Maret, Agustus, dan Desember atau akhir tahun. Untuk wisatawan laki-laki dominannya menyukai salah satunya MotoGP, di Sepang, Malaysia.

Roslan mengatakan 40 persen wisatawan Indonesia yang ke Malaysia bertujuan untuk wisata kesehatan. Selain jadi tempat berobat, ada juga tempat rehabilitasi, dan pemulihan penyakit tertentu. “Biasanya kalangan manula dan yang cukup dewasa itu,” katanya.

Malaysia juga dikenal ramah bagi first traveler dari Indonesia, hal ini dikemukakan oleh Rocky Kho, Ketua The Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Chapter Kuala Lumpur. “Wisatawan dari Indonesia banyak juga yang first traveler, karena lebih mudah akses ke Malaysia dan tidak berbeda jauh budaya dan bahasa. Baik wisatawan keluarga atau muda,” tuturnya dalam acara yang sama.

Untuk rentan usia, wisatawan Indonesia yang ke Malaysia lebih bervariasi baik yang dewasa dengan membawa keluarga, ataupun anak muda dengan teman atau sendirian. “Rombongan sekolah juga ada ke Malaysia dari Indonesia,” ungkap Rocky. Banyaknya wisatawan Indonesia yang berkunjung juga didukung oleh kemudahan akses. Terdapat 600 penerbangan Indonesia-Malaysia dalam sepekan, dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 400.000 tujuan Kuala Lumpur. []

Related posts