Tim A’Moe Malaysia basmi hama di Pidie

Wan Azwande Bin Ahmad, salah satu Tim A'Moe Malaysia sedang melakukan penyemprotan terhadap Hama Ulat dan Wereng yang menyerang tanaman padi milik petani Gampong Raya Paya, Kemukiman Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie. Rabu (25/4).(Ist).

Sigli (KANALACEH.COM) – Anggota Komisi VI, DPR-RI asal Aceh, Fadhlullah mengutuskan tim pertanian asal negeri jiran Malaysia dari perusahan A’Moe untuk membantu keluhan petani Pidie tentang serangan hama Wereng dan Ulat yang menyerang tanaman padi mereka.

“Benar, saya telah mengirim empat orang tim pertanian dari perusahan A’moe Malaysia. Tim tersebut bertugas membantu masyarakat petani kita, dalam upaya membasmi hama Ulat dan Wereng, serta membantu mengatasi keluhan-keluhan petani lainnya” sebut Fadhlullah kepada wartawan, Kamis (26/4).

Kata dia,  tim pertanian asal Malaysia itu dipimpin Wan Azwande Bin Ahmad, Abang Joe Peneng dan Mujib Harun. Rencanya tim pertanian asal Malaysia akan bertugas membantu petani Pidie sampai masa panen.

Untuk tahap pertama mereka membawa formula yang diolah dari bahan organik dalam jumlah terbatas, diperkirakan cukup untuk mengatasi serangan hama Ulat dan Wereng dengan luas areal sekira 100 hektare lebih. “ Tim ini saya kirim karena banyak keluhan dari warga yang menyampaikan langsung kepada saya melalui pesan singkat atau telephone langsung ke saya. Informasi tentang keluhan petani kita ini juga diperkuat lagi oleh sejumlah media terbitan lokal maupun Nasional,” kata dia.

Ia mengatakan semua biaya keberangkatan tim pertanian asal negeri jiran Malaysia tersebut ditanggung menggunakan dana pribadinya. Demikian juga dengan biaya obat-obatan serta bimbingan juga dibiayai oleh Dek Fad itu sendiri.

“Saya sangat prihatin terhadap nasib petani yang tidak lain mereka semua itu adalah warga kampung saya. Mereka (para petani-red) mengaku telah banyak rugi karena tanaman padi mereka banyak mati dan malah ada yang gagal panen. Karena itu saya langsung ambil inisiatif, mengirim tim pertanian dari Malaysia, itu” sebutnya.

Anggota DPR RI dari F Partai Gerindra daerah Pemilihan Aceh, Fadhlullah juga menuturkan pemerintah Kabupaten Pidie diharapkan dapat memperhatikan secara serius nasib petani dan dan nelayan, sebab mereka orang-orang berjasa dalam menjaga ketersediaan ketahanan pangan bagi bangsa.

Pantauan wartawan, tim pertanian dari perusahan A’Moe Malaysia sudah tiba di Pidie. Tim tersebut setelah melakukan pengurusan administasri negara, langsung turun ke lokasi di Gampong Raya Paya, Kemukiman Bungie, Kecamatan Simpang Tiga. Kedatangan tim tersebut disambut Komadan Koramil dan Babinsa, Kecamatan Simpang Tiga, penyuluh pertanian setempat serta Keuchik (kepala gampong) dan ratusan warga petani setempat. [Amir Sagita]

Related posts