Pidie gelar Festival Khanduri Apam terbesar di Aceh 

(merdeka.com)

Sigli (KANALACEH.COM) – Kabupaten Pidie akan menggelar festival teut apam terbesar di Aceh, pada Minggu, (29/4).

Acara akan digelar di Alun-Alun Kota Sigli, dengan target peserta sebanyak 1.000 orang dari 23 Kecamatan yang ada di Pidie. Adapun tujuan acara tersebut, untuk membangkitkan kembali tradisi budaya Pidie yang sering dilaksanakan pada bulan Rajab pada tahun hijriah.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekdakab Pidie, Muhammad Fadil,Jumat (27/4) mengatakan, even tersebut merupakan pogram TP- PKK Kabupaten Pidie, diselenggarakan selama satu hari.

“Ini adalah budaya Pidie pada bulan Rajab dalam tahun Hijriah, khanduri Apam ini bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat silatuurahim di antar Gampong (desa) awalnya. Lalu kemudian, dinilai tradisi ini perlu dibuat dilestarikan dan dikembangkan sehingga masyarakat Pidie dapat terus mempertahankan nilai budaya,”ungkapnya.

Kegiatan ini kata Kabag Humas, juga bagian dari visi misi Bupati Pidie, Roni Ahmad, dalam menjadikan salah satu daerah tertua di Aceh (Pidie) menjadi daerah tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh.

Karena selain banyaknya lokasi wisata yang terkonsep dengan alam, budaya di Pidie sangatlah banyak dan harus diketahui oleh masyarakat Pidie dan masyarakat Indonesia.

“Saya mengajak semua masyarakat dan para wisatawan di Aceh, untuk terus mengunjungi dan melihat indahnya keanekaragaman indonesia dengan budayanya yang ada di Pidie. Khususnya pada Minggu besok, pidie akan mengadakan khanduri apam terbesar di Aceh tahun 2018,” ungkapnya.‎ [Amir Sagita]

Related posts