Unsyiah pastikan Surya Paloh tidak berpolitik di kampus

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –  Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Husni Friady membenarkan orang nomor satu di Partai Nasdem akan mengisi kuliah umum di Unsyiah, pada Jumat (11/5).

“Iya memang benar, besok ada acara kuliah Umum dari pak Surya Paloh,” kata Husni saat dikonfirmasi kanalaceh.com, Kamis (10/5) malam.

Namun, Husni mengatakan, kapasitas Surya Paloh bukanlah sebagai ketua Partai saat mengisi materi, tapi Surya Paloh dianggap sebagai Tokoh Nasional. Kata Husni terkait isu kehadiran Surya Paloh di kampus jantung hati rakyat Aceh itu dalam ranah politik itu tidak benar. Bahkan jauh sebelumnya pihak Unsyiah dengan tim Surya Paloh telah berkoordinasi.

Baca: BEM Unsyiah akan pantau materi kuliah umum Surya Paloh

“Dalam rapat koordinasi sebelumnya, dengan menegaskan tidak boleh menampilkan atribut partai,” ujar Husni.

Terkait pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah yang meragukan Surya Paloh sebagai pemateri yang ditakutkan akan berbau politik, Husni mempersilahkan untuk memantau saat acara berlangsung.

“Karena mereka juga bagian dari civitas akademika Unsyiah, Namun tentunya kita berharap jangan ada aksi apapun, karena hal tersebut akan merugikan nama baik Unsyiah tentunya,” kata Husni.

Sampai saat ini Lanjut Husni, Unsyiah masih tetap berkomitmen untuk melarang jika ada kegiatan politik praktis di lingkungan kampus.

“Mungkin apa yg dipikirkan teman-teman BEM, karena mereka belum memahami secara detail rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah, Muhammad Yasir saat dihubungi kanalaceh.com meminta kepada pihak rektorat kedepan siapapun pematerinya agar dikaji terlebih dahulu.

Tolonglah dikaji dahulu siapapun pematerinya,” kata Yasir, Kamis (10/5) malam. [Fahzian Aldevan]

Related posts