Besok, Kemenag Aceh pantau Hilal Ramadhan

Hilal tak terlihat di Aceh
Proses menentukan hilal. (Kanal aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H / 2019 M, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melakukan Rukyatul Hilal awal Ramadan, di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (15/5). Bertepatan dengan 29 Sya’ban 1439 H.

“Untuk penentuan awal Ramadan 1439 H, Kementerian Agama Provinsi Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk. Chik Kuta Karang Lhoknga besok dan hasilnya akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat,” ujar Kakanwil usai menghadiri Acara Haflah Al-Qur’an di halaman Kanwil Kemenag Aceh, Senin (14/5).

Daud Pakeh juga menyampaikan bahwa pada tahun ini Ramadhan berpotensi dimulai secara bersamaan pada hari Kamis, 17 Mei 2018, karena pada tanggal 29 Sya’ban (15/5) ketinggian Hilal masih dibawah Ufuk saat matahari terbenam.

Maka otomatis jumlah Sya’ban disempurnakan 30 hari, namun untuk kepastiannya tetap menunggu Sidang Itsbat pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Agama pada hari Selasa, 15 Mei ba’da Magrib di Jakarta.

Pengamatan hilal, kata dia, nantinya terbuka untuk masyarakat umum dan mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan Hilal awal Ramadan, karena sebelumnya akan dilakukan proses pembelajaran oleh Pakar Falakiyah BHR Kanwil Kemenag Aceh.

“Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan nantinya akan disiapkan, silahkan datang untuk melihat langsung untuk pembelajaran, terbuka untuk umum, boleh datang siapa saja, karena selama Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga ini juga dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi Siswa, mahasiswa dan Masyarakat umum,” jelas Daud Pakeh.

Selain pusat Obs Hilal Aceh di Lhoknga, Daud Pakeh juga mengatakan telah menginstruksikan kepada beberapa Kakankemenag untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syar’iyah, Dinas Syariat Islam, MPU, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat.

Agar melakukan Rukyah bersama dan hasilnya dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

“Insyaallah Kementerian Agama Aceh akan merukyat hilal Ramadhan 1439 H minimal di 7 lokasi,” ujar Daud Pakeh.

Sementara anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra mengatakan bahwa ijtima awal Ramadhan 1439 H, hari Selasa, 15 Mei 2018 M, pukul 18:50:14 Wib. Dengan ketinggian ketinggian Hilal untuk Markaz Observatorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar  adalah minus 0 derjat 29 menit 57 detik di atas Ufuk.

“Walaupun berpeluang sama, 1 Ramadhan tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang ditetapkan dalam sidang it saat, ” ujar Alfirdaus. [Randi/rel]

Related posts