Bukan ditilang, Polisi di Aceh Utara malah ajak pelanggar lalu lintas buka bersama

Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Aceh Utara mengelar Razia saat menyambut bulan suci Ramadan di depan terminal lhoksukon, Senin (21/5) sore. Uniknya para pelanggar bukan ditilang namun pelanggar malah disediakan kursi, disuguhkan hiburan rakyat seperti marawis, disiapkan takjil, bahkan diajak buka bersama oleh Kapolres Aceh Utara. (Ist)

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Ada yang unik dilakukan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Aceh Utara menyambut bulan suci Ramadan. Ketika melakukan melakukan razia di depan terminal lhoksukon, Senin (21/5) sore.

Sebanyak 35 personel dikerahkan dalam razia itu, hasilnya ada 134 pelanggar lalulintas yang ditahan tapi bukannya ditilang, pelanggar malah disediakan kursi, disuguhkan hiburan rakyat seperti marawis, disiapkan takjil, bahkan diajak buka bersama oleh Kapolres Aceh Utara.

Tidak hanya itu, jajaran Satlantas Polres Aceh Utara juga menghadirkan ustad, untuk memberikan tauziah tentang menjaga keselamatan sambil menunggu adzan magrib untuk berbuka puasa bersama.

“Ini merupakan hal yang unik dan baik, karena melihat selama ini banyak masyarakat di bulan ramadan melanggar aturan berlalulintas, kami ingin menciptakan budaya malu, karena tindakan represif tidak selalu bisa merubah pola masyarakat untuk tertib berlalulintas,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP, Ian Rizkian Milyardin.

Kata dia, banyak dari masyarakat yang terkejut ketika diadakan pemeriksaan. Bagi yang tertib, Kasatlantas dan jajaran langsung memberikan roti, kue, dan takjil kemudian pengendara diperbolehkan langsung melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Aceh Utara Iptu Sandy Titah Nugraga, SIK mengatakan kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara, dan berhasil menyedot perhatian publik, dimana inovasi yang dibuat jajaran Satlantas Polres Aceh Utara tergolong unik dan kreatif, tak hanya itu kegiatan ini juga  mampu menyentil para pelanggar dengan cara yang halus.

“Kami sangat berharap kedepan terus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan mengajak masyarakat tertib berlalulintas, karena menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain sangat dijunjung  tinggi dalam ajaran agama Islam itu sendiri,” kata Sandy Titah Nugraga saat dikonfirmasi, Selasa, (22/5) pagi. [Fahzian Aldevan]

Komentar Facebook
Ads