Manfaat PLTP Jaboi akan dirasakan pada 2019

(ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Jaboi dipastikan rampung dan akan segera beroperasi pada tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak pelaksana PT Taruna Aji Karisma (TAK) dan PT Sabang Geothermal Energi setelah berhasil melakukan pengeboran sumur 1 dan mendapatkan energy sebesar 15 Mega Watt.

Direktur Operasi PT Taruna Aji Karisma, Djoko Anityo Wibowo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melanjutkan pengeboran sumur 2 untuk mendapatkan energi baru yang akan selesai selama 30 hari, dan kemungkinan besar bisa selesai lebih cepat.

Ads

“Jadi intinya kita bukan menjual uap tapi menjual listrik langsung ke pihak PLN, artinya, kita berikan hasil listrik siap pakai dan siap dioperasikan sesuai keinginan yang dibutuhkan PLN” kata Djoko.

Untuk sementara target awal pembangunan sumur PLTP Jaboi ini sesuai perencanaan, hanya diproyeksikan dua sumu. Sabang membutuhkan sekitar 20 MW tenaga listrik sementara satu sumur saja sudah 15 MW, sumur yang kedua bisa saja energinya lebih dengan daya 30 MW tentunya sudah melebihi dari yang dibutuhkan.

Kalau energi panas bumi mengeluarkan 20 MW, lanjut Djoko, akan terus stabil mengeluarkan daya 20 MW. Kalau dibutuhkan pemakaiannya hanya 15 MW maka, sisanya 5 MW harus dibuang.

“Ënergi panas bumi jika dibandingkan dengan energi lainnya mempunyai kelebihan ramah terhadap lingkungan karena tidak menimbulkan polusi,” ujarnya. [DA]

Ads