Hari ini, puncak arus balik dari Sabang

Penumpang memadati pelabuhan Balohan Sabang, Kamis (21/6). (Kanal Aceh/DA)

Sabang (KANALACEH.COM) – Puncak arus balik masa libur dan cuti bersama terjadi kemarin hingga hari ini, antrian calon penumpang dan kenderaan memadati pelabuhan Balohan Sabang, Kamis (21/06).

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Iskandar, yang didampingi Kepala UPTD Pelabuhan Balohan Sabang mengatakan, sampai dengan hari ini masih ada wisatawan yang terus datang ke Pulau Weh (Sabang) untuk liburan.

“Kalau seperti ini kami memprediksi arus balik dari Sabang menuju Banda Aceh bisa sampai dengan hari Minggu 24 Juni 2018, karena masih terlihat rombongan wisatawan yang datang,” katanya.

Untuk jadwal keberangkatan kapal, pihaknya mengakui telah meminta kepada pihak ASDP sebagai pengelola kapal untuk menambahkan trip keberagkatan agar kenderaan tersebut dapat terangkut semua.

Secara terpisah, Supervisi Lintas Uleelheue – Balohan ASDP Aceh Husaini, akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberangkatkan para calon penumpang juga kenderaan baik roda dua maupun roda empat.

Dijelaskan, kapal KMP. BRR saat ini melakukan perjalanan sebanyak tiga trip sedangkan KMP. Tanjung Burang melakukan perjalanan sebanyak dua trip perhari sementara kapal cepat normal seperti biasa.

Jumlah penumpang yang diberangkatkan menggunakan kapal cepat dan kapal Roro dari Pelabuhan Balohan menuju Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh mencapai 1.600 sampai 2.000 penumpang.

Sedangkan untuk kenderaan roda dua, perhari dapat diangkut menggunakan kapal Roro sekitar 400 unit dan kenderaan roda empat sekitar 100 Unit per harinya.

Lanjut dikatakan, untuk sementara kenderaan golongan besar seperti Truk dan Cold ditunda keberangkatannya demi mengantisipasi tumpukan kenderaan baik di Pelabuhan Balohan Sabang maupun di Pelabuhan Uleelheue Banda Aceh. Kecuali kenderaan besar yang membawa kebutuhan sembako untuk kebutuhan masyarakat di Sabang.

Amatan KANALACEH.COM dipelabuhan, memasuki masa akhir libur panjang para wisatawan yang berkunjung ke sabang mulai memadati Pelabuhan Balohan Sabang untuk bertolak ke Pelabuhan Uleelheue banda Aceh. [DA]

Related posts