Tips mudah merawat jenggot dengan gaya kekinian

(KANALACEH.COM) – Menurut Google Trends, kebangkitan popularitas jenggot mulai terjadi di sekitar tahun 2012, dan tren ini belum juga surut dalam enam tahun belakangan.

Jika dirawat dan ditata, jenggot bisa memperbaiki bentuk dan fitur wajah, dan membuat pria tampil lebih menarik. Artinya, tidak ada jenggot yang terlihat bagus secara kebetulan. Butuh waktu untuk menumbuhkan, menata, serta merawatnya.

Dilansir dari laman VIVA.co.id, berikut ini 7 langkah menata jenggot yang menjanjikan rambut wajah Anda memiliki tampilan terbaik.

Pilih gaya

Tidak semua gaya rambut cocok untuk Anda dan sama halnya dengan rambut di wajah. Meski memilih gaya janggut bergantung pada bagaimana Anda ingin mengekspresikan diri dan mencoba hal baru, Anda juga perlu tahu panjang atau bentuk apa yang paling cocok untuk wajah Anda.

Sebagai aturan, wajah persegi dan bulat akan lebih sesuai dengan gaya jenggot yang tebal di bagian bawah dan pendek di kedua sisinya. Sementara wajah berbentuk bujur disarankan membuat jenggot di bagian sisinya lebih panjang dan lebih pendek di bagian dagu. Jika Anda punya wajah berbentuk oval, berbahagialah karena hampir semua gaya jenggot cocok untuk Anda, jadi Anda tinggal pilih suka yang mana.

Mulai dengan trimming

Meskipun Anda ingin memanjangkan jenggot, tapi memotong sedikit ujungnya penting juga dilakukan. Meski lebih baik jika dilakukan oleh profesional, Anda juga masih bisa mengerjakannya sendiri. Kalau Anda butuh sedikit membentuk janggut, maka penting bagi Anda untuk berinvestasi pada alat trimming yang berkualitas, dan carilah teknik yang cocok bentuk janggut yang ingin Anda pelihara.

Bawa perawatan barbershop ke rumah

Salah satu bagian terbaik dari mengunjungi profesional untuk mencukur adalah ritual relaksasi dari treatment handuk panas, tapi di luar rasanya nyaman, treatment ini juga punya kegunaan praktis juga. Menggunakan handuk panas di kulit dapat membantu membuka pori-pori yang membuat permukaan kulit yang lebih rata saat mencukur garis leher Anda.

Penting juga untuk mengakhiri sesi ini dengan handuk dingin atau membilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori dan mencegah rambut yang tumbuh ke dalam, serta kemerahan.

Jaga kebersihan

Menumbuhkan jenggot dari habis dicukur bisa terasa tajam dan gatal, yang tidak bisa dihindari dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, atau bersisik. Untuk mengatasinya, penting untuk menggunakan sabun cuci wajah pada tahap awal pertumbuhan jenggot. Cara ini dapat menjaga janggut Anda tetap baik. Tidak ada aturan harus memilih sabun khusus untuk janggung, cukup gunakan sabun cuci muka seperti biasa dan ingatlah untuk mengeringkannya dengan lembut.

Minyaki

Jika jenggot Anda sulit diatur, maka saatnya Anda menggunakan minyak. Produk ini bertindak sebagai agen pelembab dan pelembut yang tidak hanya membantu menstimulasi pertumbuhan tapi juga membuat janggut terasa lebih lembut dan terlihat lebih berkilau. Kami rekomendasikan Anda menggunakannya di pagi hari setelah mandi dan membersihkan wajah karena folikel rambut akan terbuka dan karenanya dapat menyerap produk dengan mudah.

Menyisir

Selain rajin melakukan trimming, Anda juga disarankan untuk punya sisir jenggot. Dengan menyisir dapat membuat perbedaan signifikan antara jenggot yang kasar dan yang dirawat dengan baik. Menyisir jenggot setiap hari tidak hanya dapat menjinakkan rambut yang tidak bisa diatur tapi juga memastikan janggut tumbuh ke arah yang tepat dan menurunkan kemungkinan menjadi rambut yang tumbuh ke dalam.

Menata

Mengaplikasikan produk pada jenggot juga bisa membantu menjaga bentuknya dan untuk ini kami menyarankan untuk memilih balsem yang baik. Balsem jenggot tidak hanya digunakan untuk menata jenggot tapi juga dapat menambah volume dan bentuk. Selain itu, balsem juga dapat mengunci kelembaban dan melindungi rambut dari paparan lingkungan. Setelah mandi, keringkan dan aplikasikan minyak, setelah itu Anda tinggal menatanya hingga mencapai bentuk yang Anda inginkan. []

Related posts