Nelayan Abdya keluhkan pendangkalan Kuala Pulau Kayu

Blangpidie (KANALACEH.COM)–  Mulut Kuala Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya mengalami pendangkalan sejak dua Minggu terakhir.

Akibatnya, puluhan unit boat ikan atau boat pukat para nelayan yang sudah terparkir di mulut kuala itu, sejak sebelum lebaran Idul Fitri hingga saat ini belum juga bisa melaut.

Kondisi ini dikeluhkan oleh para nelayan yang menjadikan lokasi itu tempat parkir boat. Ini karena mereka tidak bisa mencari nafkah seperti sediakala, lantaran boat tidak bisa keluar kelaut dari kuala pasca dangkal.

“Ada beberapa boat nelayan yang mengalami kerusakan lantaran memberanikan diri untuk menerobos, sehingga baling-baling boat patah,” kata Rizalul Akmal, salah satu nelayan warga Palak Karambil Kecamatan Susoh, Rabu (27/6) saat dilokasi Kuala.

Sebagian boat para nelayan sudah mengisi beberapa ton Es, untuk kebutuhan melaut dan akan mengalami kerugian besar jika tidak segera digunakan karena akan mencair.

“Kita sangat berharap tindakan cepat dari pemerintah, karena akan sangat besar kerugian para nelayan kalau Es mencair,” sebutnya.

Menurutnya, pendangkalan mulut kuala itu memang kerap terjadi, dan para nelayan baru bisa keluar masuk kuala disaat tertentu saja atau saat kondisi air laut sedang pasang.

“Memang sering mendangkal. Kita kalau mau masuk boat dan keluar selalu tunggu air pasang dulu,” imbuhnya. [Jimi Pratama]

Related posts