Diduga hina profesi wartawan, warga Tangan-Tangan dipolisikan

(ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) –  Sejumlah wartawan di Kabupaten Abdya didampingi oleh Miswar ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Abdya, mendatangi Mapolres kabupaten setempat untuk melaporkan akun Facebook bernama Syahril Swallow II, Rabu (4/6).

Para kuli tinta ini melaporkan pemilik akun Medsos bernama Syahril Swallow II yang diketahui milik warga Desa Adan, Kecamatan tangan-tangan. Karena dinilai telah melakukan pencemaran nama baik para wartawan diwilayah Abdya lewat status yang dipostingnya pada, Selasa 6 Juni 2018.

Setelah menemui Bribka Amir Ronal di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SKPT) Mapolres Abdya, para awak media ini langsung diarahkan menemui Kanit Tipiter Aulia Fallah.

Mustafaruddin, salah satu wartawan media online membenarkan ikhwal dirinya dan para rekan wartawan lainnya telah melaporkan pemilik akun facebook bernama Syahril Swallow II ke Mapolres Abdya, karena telah mencemari nama baik Jurnalis di Abdya lewat status facebooknya dengan menyebut wartawan Abdya bungkam menyuarakan kebenaran dan beberapa item lainnya di status yang Ia posting.

“Benar, pemilik akun Facebook ini telah kita lapor ke Mapolres Abdya. Ini pencemaran nama baik semua para jurnalis di Abdya, kita tidak terima,” kata Mustafa.

Dikatakannya, selama ini para jurnalis di Abdya bekerja sangat profesional, sehingga pernyataan yang dilayangkan pemilik akun tersebut melalui statusnya sudah sangat mencidrai profesi wartawan di Abdya, karena di status itu, ia menyebut hanya jurnalis Abdya atau Tanoh Sigupai yang merupakan icon Abdya.

“Kita perlu penjelasan darinya, siapa wartawan yang dimaksud itu agar jelas siapa yang dimaksudnya,” ujarnya.

Mustafa, mengaku dirinya dan rekan lainnya akan terus mengawal kasus itu hingga terungkap siapa wartawan yang menurutnya bungkam menyuarakan kebenaran, perlu dipertanyakan etika, berat sebelah dan beberapa item lain yang dinilai telah mencemari profesi jurnalis.

Sementara Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan melalui Kanit Tipiter Polres Abdya, Aulia Fallah juga membenarkan bahwa sejumlah awak media telah menyambanginya diruang kerja seraya menyerahkan berkas Screenshot status akun facebook Syahril Swallow II yang dinilai menghina profesi jurnalis Abdya.

“Ini (laporan) kita terima dulu dan kita kaji dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Dalam waktu dekat terlapor akan  kita panggil,” kata Aulia Fallah.

Adapun status pemilik akun facebook bernama Syahril Swallow II yang dinilai mencemari nama baik jurnalis di Abdya adalah.

“Miris Kondisi Tanoh Sigupai, sebagian Oknum Wartawan Bungkam Menyuarakan Kebenaran. Lage Brat Siblah ,Patut dipertanyakan etika jurnalistiknya ni. Cerape Dipegah, cerape dimuat. Nak Wahyu Candra bang Saharuddin Sira Nanda Mandala Putra Dek Young #BagiYangMerasa,” tulisnya diakun Facebook miliknya. [Jimi Pratama]

Related posts