KPK boyong Irwandi ke Jakarta

Irwandi Yusuf saat dibawa ke Jakarta melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Rabu (4/7) (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satgas KPK memboyong Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf ke Jakarta pada Rabu (4/7). Ia dibawa setelah dilakukan pemeriksaan selama 12 jam atas dugaan dari realisasi komitmen fee dan sejumlah uang ratusan juta turut diamankan.

Pantauan wartawan, dari Polda Aceh Irwandi diangkut dengan mobil baracuda ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh. Ia tiba di Bandara pukul 09:30 WIB, dengan menggunakan pakaian putih lengan panjang dan celana cream.

Satgas KPK yang mengawal Irwandi keluar dari Polda Aceh sempat membuat awak media kecolongan. Sebab, Irwandi keluar tidak dari pintu ruangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh, sebagaimana ia diperiksa di ruangan itu. Namun, dari pintu belakang Polda Aceh.

Ke Jakarta, Satgas KPK dan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf berangkat pada pukul 10:05 WIB dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Jakarta pukul 12:55 WIB. Dengan maskapai penerbangan Garuda dengan nomor BTJGA0002.

Sebelumnya, pada pukul 02:00 WIB, sejumlah rekan Irwandi silih berganti memasuki ruangan Ditreskrimsus. Bukan hanya itu, istri Irwandi, Darwati A Gani beserta anaknya juga turut menjumpai Irwandi hingga pukul 03:00 WIB.

Lalu berselang beberapa menit kemudian Darwati kembali ke mobil dan langsung keluar dari Mapolda Aceh.

Irwandi Yusuf ditangkap KPK pada Selasa malam (3/7). Ia ditangkap bersama Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Tim Satgas KPK juga menyita uang tunai ratusan juta rupiah yang diduga barang bukti suap.

“Jumlah uang ratusan juta rupiah diamankan. Diduga merupakan bagian dari realisasi komitmen fee sebelumnya,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa malam (3/7). [Randi]

Related posts