Mengenal Steffy Burase yang dicekal KPK ke Luar Negeri

Steffy Burase. (Instagram)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pencekalan terhadap empat orang untuk tidak ke Luar Negeri, pencekalan itu terkait kasus dugaan suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) 2018 yang melibatkan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Keempat oran yang dicekal KPK itu ialah, Nizarli yang menjabat sebagai kepala ULP Aceh, Rizal Aswandi, Fenny Steffy Burase dan Teuku Fadhilatul Amri.

Baca: KPK cekal Kepala ULP Aceh, Steffy dan dua orang lainnya ke LN

Nama Steffy Burase menjadi hal yang menarik di Aceh. Sebab, wanita berparas ayu yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara ini menjadi tenaga ahli pada event Aceh International Marathon 2018. Diketahui, barang bukti yang diamankan KPK berupa uang tunai Rp 500 juta turut diduga digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlit dalam event itu.

Baca: Nasib event Aceh Marathon setelah Irwandi ditangkap KPK

Ia dirangkul panitia Aceh Marathon sebagai tenaga ahli karena Steffy Burase seorang atlit marathon 42 Kilometer dan mempunyai komunitas atlit marathon. Sehingga, pihak panitia menggunakannya untuk mengkampanyekan event Aceh International Marathon 2018 pada komunitasnya.

Namun, ia membantah dikaitkan dengan kasus suap yang menjerat Irwandi Yusuf. “Keterlibatan perdana saya di Aceh itu pun bukan sebagai EO tapi tenaga ahli dan mengurus event. Saya Tidak pernah terlibat tender proyek dan tidak pernah mengerti caranya dan belum pernah ikut tender seumur saya hidup,” kata Steffy yang juga merupakan mantan pramugari di salah satu maskapai penerbangan.

Selain itu, Steffy Burase yang juga model dan desainer itu juga menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat Aceh. Sebab, dirinya dikabarkan jadi istri muda Irwandi Yusuf.

Kabar dugaan ia menjadi istri dari Irwandi Yusuf mencuat ketika salah seorang anggota DPR Aceh, Azhari Cage mempertanyakan hubungan keduanya dalam sidang hak interplasi beberapa hari lalu sebelum Irwandi ditangkap KPK.

Pasca penangkapan Irwandi Yusuf oleh KPK, ia juga aktif mendoakan melalui akun isntagram miliknya , agar Irwandi terbebas dari tuduhan KPK.

“Yang pasti kita doaian pak Gubernur selamat dari tuduhan-tuduhan yang tidak benar,” tulis Steffy di akun instagram @steffyburase miliknya.

Ia juga menuliskan agar masyarakat tidak mencela Irwandi Yusuf yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Ia pun memuji bahwa Irwandi Yusuf merupakan pemimpin yang mencintai rakyatnya.

Bahkan Steffy juga menyindir dunia perpolitikan di Indonesia. “Kita hidup di dunia politik. Yang benar bisa salah, begitupun sebaliknya. Maka mohon doanya, menghina ga menghasilkan ladang pahala. Dosa iya, padahal benar pun kita ga tau,” lanjut Steffy.

Steffy memang menjadi perbincangan di Aceh, bahkan ia disebut-sebut berhasil menggeser Darwati A Gani yang tak lain istri dari Irwandi Yusuf. Dilihat dari beberapa fotonya di akun instagramnya, Steffy begitu fashionable layaknya model.

Kini, ia dan tiga orang lainnya turut dicekal KPK untuk tidak bepergian ke Luar Negeri. “Pihak-pihak tersebut perlu dicegah ke LN agar saat dibutuhkan keterangannya, dapat dilakukan pemeriksaan,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi lewat WhatsApp, Sabtu (7/7). [Randi]

Related posts