Famtrip miliki potensi untuk promosi wisata

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Daerah harus lebih peka terhadap program Famtrip yang diselenggarakan oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dalam hal promosi Pariwisata.

Ada potensi dari program famtrip yang belum disadari dan dimaksimalkan oleh para komponen pariwisata. Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum-Sudan, Fahmi Umar mengatakan, Famtrip merupakan program kerja dari pihaknya yang bertujuan untuk mempromosikan wisata halal yang ada di Aceh dan Sabang khususunya.

“Saat ini kami sedang mempromosikan Aceh ke luar Negeri sebagai wisata halal dan Sabang menjadi salah satu target kamisetelah berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh melalui Gubernur Aceh dan Dinas Pariwisata yang sebelumnya kami telah mengirim surat pada bulan maret tapi atas permintaan Bapak Gubernur agar disandingkan dengan kegiatan PKA” katanya.

Sepengetahuan pihaknya,, orang-orang Afrika melakukan traveling selalu ke Bali dan Lombok, oleh karena itu ia melihat Aceh salah satu daerah yang memiliki Syariat Islam untuk wisatanya. Saat ini, pihaknya sedang mempromosikan wisata halal yang ada di Aceh ke orang-orang Arab dan Afrika khususnya Sudan.

Sementara Tour Operator Famtrip Kota Sabang Irwan Mahdi, menyambut baik program kerja dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum-Sudan. Menurut Irwan, program wisata halal tersebut sangat cocok untuk orang arab Afrika dan Sudan.

Menurut Irwan, famtrip merupakan upaya hard seling, jangka pendek yang bisa langsung menuai hasil. Setelah peserta datang ke suatu daerah dengan penginapan dan akses tertentu, maka peluangnya 50 persen akan kembali melakukan hal yang sama jika tertarik.

“Kita melakukan marketing dengan cara mempromosikan wisata untuk mengenalkan potensi wisata di Sabang, program ini dikhususkan kepada mereka yang memiliki pengaruh luas untuk publikasi Familiarization Trip (Famtrip),” ujarnya.

Irwan berharap, agar kedepannya Sabang lebih maju baik dari segi Infrastrukturnya maupun dari segi UKM, agar dapat berkembang secara baik dengan sentuhan dan kebijakan dari Pemerintah. [DA]

Related posts