“Segera selesaikan tanggung jawab yang disepakati dalam MoU Helsinki”

Anggota perunding GAM di Helsinki, Bakhtiar Abdullah. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hari ini seluruh warga Aceh memperingati 13 Tahun perdamaian Aceh. Namun ada beberapa poin yang tertuang dalam perjanjian Mou Helsinki yang belum dijalankan sama sekali.

Sehingga membuat seorang Juru Runding GAM – RI, Bakhtiar Abdullah mendesak agar persoalan tersebut segera diselesaikan. Hal itu dikatakannya usai menghadiri 13 Tahun Perdamaian Aceh di Masjir Raya Baiturrahman, Banda Aceh, 15 Agustus 2018.

“Kepada para pihak kami serukan untuk segera menyelesaikan tanggung jawab yang disepakati di dalam MoU. Adanya aturan yang belum diselesaikan, korban konflik yang masih belum mendapatkan hak mereka, KKR dan pengadilan HAM yang belum terbentuk sampai saat ini,” katanya.

Kepada Pemerintah Aceh, pihaknya juga berharap agar mengambil tanggung jawab yang besar untuk memelihara damai.  Dan harus melibatkan ulama dalam pembangunan dan meminta nasehat-nasehat untuk mengobati penyakit masyarakat.

Sebagai salah satu anggota tim perunding di Helsinki dan sebagai salah seorang yang sejak awal penekenan MoU sudah pulang ke Aceh untuk memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik, ia ingin semua elemen tetap kommit kepada perdamaian.

“Hal ini harus menjadi pedoman kepada semua kita. Tidak perlu lagi curiga kepada anggota atau pimpinan GAM, karena itu akan menjadi lobang untuk merusak kepercayaan yang telah terbina,” pungkasnya.

Meskipun tidak ada lagi media dialog antara GAM dan pemerintah, seperti di AMM atau FKK atau di desk Aceh seperti dahulu, namun perdamaian harus terjaga.

Ia berharap perlu dimulai kembali sebuah forum bersama untuk komunikasi para pihak, sehingga perdamaian bisa dimonitor dengan baik perkembangannya dengan melibatkan kampus-kampus di Aceh Menurutnya, selama ini Perdamaian Aceh menjadi pelajaran nyata bagi dunia. Ratusan mahasiswa dan akademisi luar negeri datang ke sini untuk belajar tentang Aceh dan konfliknya. [Randi]

Komentar Facebook
Ads
Selamat menunaikan ibadah puasa 1439H, Tarmilin Usman, SE, M.Si - Ketua PWI Aceh
Ucapan Selamat Kepada Kabupaten Pidie meraih penghargaan WTP