Petani di Abdya keluhkan keterbatasan pupuk

Petani di Pidie keluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi
Ilustrasi. (sinarharapan.co)

Blangpidie (KANALACEH.COM) –  Para petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluhkan keterbatasan pupuk dan berharap dinas terkait menambah kuota pupuk daerah itu.

“Pupuk memang ada tapi masih sangat terbatas. Dan belum mampu menjangkau seluruh areal pertanian. Artinya saat petani butuh tidak selalu ada,” kata M Yacob, seorang petani di Kecamatan Blangpidie, Sabtu (1/9).

Menurutnya, para petani setiap kali membutuhkan pupuk, baik Urea atau jenis lain terpaksa memesan terlebih dahulu.

“Kadang saat kita pergi ke pasar ingin beli pupuk, langsung dibilang kalau pupuk sudah habis, makanya pesannya sepekan sampai,” kata dia.

Oleh karena itu, petani sangat berharap Pemkab Abdya melalui Dinas Pertanian dan Pangan, mau menambah kuota pupuk untuk Abdya.

“Jujur ya, saya beberapa waktu yang lalu pesan pupuk Urea dan NPK dari luar Abdya. Saat itu memang di sini tidak ada pupuk karena belum masuk. Padahal kami sangat butuh mengingat tanaman padi membutuhkannya,” katanya.

Sementara pihak Dinas Pertanian dan Pangan Abdya menyatakan siap mengusulkan penambahan kuota pupuk subsidi.

“Ya, pupuk memang harus ditambah karena kebutuhan pupuk masih terbatas. Kami akan segera mengusulkannya,” kata Kepala Distanpan Abdya drh Nasruddin. [Jimi Pratama]

Related posts