30.8 C
Banda Aceh

Gemar swafoto? bisa jadi anda narsistik

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

(KANALACEH.COM) – Kaum urban pastinya tahu swafoto yang kian tak terpisahkan dari gaya hidup. Hasil swafoto juga seringkali diunggah ke akun media sosial.

Namun, penyuka swafoto rupanya perlu waspada. Terlalu sering swafoto ini, menurut penelitian, kemungkinan adalah gangguan kepribadian yang disebut narsistik.

“Anda mungkin berpikir mengambil banyak foto narsis hanyalah cara lain untuk berbagi, tetapi sebuah studi baru menunjukkan Anda dapat menuju ke narsisme penuh,” sebaimana dikutip laman Republika.co.id, Jumat (16/11).

- Advertisement -

Peneliti mengobservasi 74 orang, berusia 18 hingga 34 tahun, selama empat bulan. Mereka yang memasang sejumlah foto dan swafoto di media sosial memiliki rata-rata peningkatan 25 persen dalam sifat narsistik seperti eksibisionisme, rasa hak, dan eksploitasi orang lain.

Peningkatan ini mengakibatkan banyak dari orang-orang ini memenuhi definisi klinis gangguan kepribadian narsistik. Para penulis dari penelitian di Inggris ini mengatakan ada hubungan antara narsisme dan postingan visual di media sosial, seperti Facebook, dan lainnya.

“Tetapi tidak diketahui apakah narsisme menggunakan bentuk media sosial ini lebih banyak, atau apakah menggunakan platform tersebut terkait dengan pertumbuhan berikutnya dalam narsisme,” kata pemimpin studi Phil Reed, siapa dengan departemen psikologi di Swansea University.

Hasil penelitian ini menunjukkan keduanya terjadi, tetapi memposting swafoto dapat meningkatkan narsisisme. Penelitian ini tidak dapat membuktikan memposting banyak foto narsis terkait dengan narsisme.

“Namun, mengambil sampel kami sebagai wakil dari populasi, yang tidak ada alasan untuk meragukan, ini berarti sekitar 20 persen orang mungkin berisiko mengembangkan sifat narsistik seperti yang terkait dengan penggunaan media sosial visual yang berlebihan,” kata Reed.

Yang menarik, timnya juga menemukan orang-orang yang mengirim pesan tertulis di media sosial tidak mengalami peningkatan narsisisme. Studi ini dipublikasikan baru-baru ini di Jurnal Open Psychology. The American Psychological Association memiliki lebih banyak penelitian tentang narsisisme. []


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Syarat Untuk Mendapatkan Bantuan Hewan Ternak Pada Dinas Pertanian Abdya

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Untuk masyarakat atau kelompok tani Aceh barat Daya (Abdya) yang ingin mendapatkan bantuan hewan ternak harus memiliki SIMLUH ( Sistim informasi penyuluh)Kepala...

Oknum PNS yang Tertangkap Mesum di Ulee Lheue Dicambuk

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Oknum PNS yang terciduk berduaan di dalam mobil di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh akhirnya dieksekusi cambuk 18 kali, di...

5 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat hujan

(KANALACEH.COM) - Turunnya hujan seringkali disesalkan sebagian orang. Hal ini karena turunnya hujan dianggap tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Padahal itu salah besar! Lima...

Karena Sakit Hati Jadi Alasan Oknum PNS Bakar Kantor Bupati Bireuen

Banda Aceh (KANALACEH.COM) - Personel Polres Bireuen menangkap pelaku pembakaran kantor bupati setempat berinisial HE, yang tak lain merupakan pegawai negeri sipil yang bekerja...

Berita Terbaru