Dua Minggu di laut, 20 Ethnies Rohingya terdampar di Aceh Timur

Ethnies Rohingya yang terdampar di Idi, Aceh Timur. (Foto: BPBA)
--Ads--
loading...

Idi (KANALACEH.COM) – 20 orang ethnis Rohingya kembali mendarat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (4/12).

Warga Myanmar itu berangkat dari dermaga negaranya dengan menumpang kapal motor berukuran 3X12 meter. Mereka telah mengarungi laut sejak 15 hari yang lalu.

Sebelum didaratkan ke PPN Idi, mereka berputar-putar di laut. Jarak mereka sekitar tiga kilometer dari pantai dan terpantau oleh nelayan Aceh yang sedang melintas.

Ads

Setelah ditemukan nelayan, kemudian kapal mereka digiring ke dermaga untuk didaratkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Syahrial saat dikonfirmasi membenarkan adanya 20 warga Ethnies Rohingya yang mendarat di wilayah Aceh Timur. Namun, kata dia pihaknya sedang mendata identitas manusia perahu tersebut.

Untuk proses selanjutnya, ethnies Rohingya itu akan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II B Langsa. “Mereka akan di serahkan ke pihak imigrasi, namun sementara kita amankan dulu disini menunggu penjemputan,” katanya.

Sebelumnya, satu bulan yang lalu, diperairan Aceh juga terpantau kapal yang mengangkut Ethnis Rohingya. Namun, mereka tidak melakukan pendaratan di Aceh. [Randi]