2.758 personel amankan kunker Jokowi ke Aceh

6 poin usulan Jokowi untuk dukung Palestina di Forum OKI
Solopos.com

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 2.758 personel gabungan TNI dan Polri siap mengamankan kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo ke Provinsi Aceh pada 13 hingga 14 Desember 2018.

“Jumlah personel diturunkan untuk pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo keseluruhan 2.758 orang gabuangan TNI dan Polri,” kata Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Indratmoko seperti dilansir laman Antara, Rabu (12/12).

Hal ini disampaikannya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP yang di Banda Aceh.

Ia menyatakan prosedur pengamanan VVIP khususnya RI 1 maupun RI 2 standarnya sama sesuai dengan UU RI No.34/2004 tentang TNI, disebutkan salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah bertanggungjawab terhadap pengamanan Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

“Undang-undang tersebut sebagai dasar pelaksanaan pengamanan Presiden dengan dibagi Ring 1, 2, dan 3 pada lokasi yang menjadi tujuan Kunker presiden,” tambahnya.

Pengamanan VVIP untuk personel TNI-Polri akan ditempatkan pada ring 2 dan 3, untuk ring 1 adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

“Bapak Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Aceh pada 13 Desember 2013 dan dijadwalkan melakukan `Ground Breaking` atau peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli di Blang Bintang, Aceh Besar pada 14 Desember 2018,” sebutnya.

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP tersebut turut diikuti jajaran Pangdam IM, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak serta undur Forkopimda se-Aceh. []

Related posts