Manfaat kecoa bagi kesehatan, obati diare hingga flu

Sate Kecoa. (detik.com)

(KANALACEH.COM) – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti jijik jika melihat kecoa. Serangga yang satu ini memang selalu dikaitkan dengan bakteri dan kuman yang menjijikan. Kecoa seringkali dianggap sebagai hama dan kerap diberantas menggunakan insektisida.

Namun, sebenarnya kecoa tidak selamanya buruk lho. Di beberapa negara, kecoa disulap menjadi sebuah hidangan yang lezat. Mereka dipercaya memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Tapi perlu diingat, kecoa yang dikonsumsi ini berbeda dengan apa yang sering ditemukan di selokan atau tempat kotor lainnya. Beberapa kecoa yang dimasak memang sengaja dipelihara agar tetap terjaga kebersihannya.

Bahkan mengonsumsi kecoa, justru memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Melansir dari Okezone.com, Rabu (12/12), lima manfaat mengonsumsi kecoa bagi kesehatan manusia.

1. Membunuh bakteri

Kecoa memiliki senyawa kimia tertentu untuk membunuh bakteri. Mereka dapat membunuh bakteri karena senyawa kimia beracun yang dimilikinya. Beberapa apotik menggunakan kecoa sebagai antibiotik untuk membunuh bakteri.

Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah, kecoa wajib diproses sejak mentah di tangan para profesional dan tidak dimakan secara langsung. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami.

2. Meredakan Gejala Flu Perut

 Flu perut tidak ada hubungannya dengan influenza, meski namanya mirip. Flu perut adalah infeksi peradangan yang terjadi di perut dan usus. Kecoa yang diolah menjadi sirup dapat meredakan gejala flu perut. Gejala-gejalanya adalah kram di sekitar perut, diare, nyeri dan demam ringan.

3. Mengobati luka bakar

Manfaat Kesehatan dari Kecoa salah satunya adalah mengobati luka bakar. Beberapa rumah sakit di China menggunakan krim dari bubuk kecoa untuk mengobati luka bakar.

4. Mencegah Diare

Diare adalah penyakit yang menyangkut saluran pencernaan yang sangat umum. Penyakit ini bisa menyerang setiap orang, dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan bisa menular kepada hewan.

5.Kaya akan protein

Kecoa dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi, mereka dipercaya dapa memenuhi kebutuhan protein harian. Yang perlu diperhatikan adalah, kecoa yang akan dimakan bersama nasi harus diolah dengan baik terlebih dahulu. []

Related posts