Penyebab anda menangis saat potong bawang

ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Bawang merupakan bumbu dapur yang sering digunakan dalam setiap masakan. Sebab, bawang dapat mempengaruhi cita rasa pada makanan.

Tetapi, mengupas atau memotong bawang menjadi hal yang menyebalkan untuk banyak orang. Karena hal itu bisa membuat rasa tidak nyaman terutama di area mata hingga mengeluarkan air mata alias menangis.

Tapi tahukah Anda, mengapa setiap memotong atau mengiris bawang, Anda akan mengeluarkan air mata? Ternyata, air mata yang keluar ketika Anda memotong atau mengiris bawang adalah air mata refleks yang melindungi mata dari iritasi.

Ads

Dikutip dari VIVA.co.id, air mata refleks berbeda dengan air mata basal yang selalu ada dan berfungsi sebagai pelumas mata. Air mata refleks juga berbeda dengan air mata emosional yang muncul dipicu karena emosinya.

Air mata refleks dilepaskan dari kelenjar air mata, yang menerima sinyal dari otak Anda untuk melakukannya jika mata terkena paparan iritan dari luar, seperti debu dan asap. Dan ketika Anda memotong bawang, ada enzim dilepaskan, yang ketika di udara menjadi senyawa yang disebut syn-propanethial-S-oksida.

Senyawa ini yang memicu keluarnya air mata, karena tubuh Anda mencoba melindungi diri dari ‘serangan’ yang datang. Tubuh pun akan meningkatkan toleransi terhadap syn-propanethial-S-oksida, tetapi tidak ada jangka waktu pasti toleransi tubuh terhadap senyawa itu, sehingga Anda akan merasakan rasa sakit atau perih pada mata hingga perlahan hilang sendiri. []

Ads