Lagi, gajah liar mati tanpa gading

Ilustrasi gajah mati. Foto: googleimages.com

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seekor gajah di temukan mati di Gampong Pantee Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen dengan keadaan gading hilang.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam Aceh (BKSDA), gajah tersebut ditemukan mati pada Kamis (27/12). Gajah yang mati itu diperkirakan berumur 40 tahun dengan jenis kelamin laki-laki.

Baca: 5 Tahun terisolasi, seekor gajah liar berhasil di translokasi

“Gading gajah yang mati tersebut juga telah hilang,” kata Sapto dalam keterangannya, Jumat (28/12).

Baca: Gajah masuk pemukiman di Nagan Raya

Gajah yang mati tersebut, kata dia merupakan salah satu kawanan gajah liar yang berada diwilayah Kecamatan Juli. Gajah tersebut dijuluki si Bongkok.

“Karena postur Gajah tersebut bongkok, Gajah tersebut memiliki luka yang telah lama pada pangkal leher bahagian atas,” ujarnya.

Sebelumnya sekira bulan September 2018 Gajah itu pernah mengalami luka dibagian selangkangan belakang dan pangkal ekor yang diduga akibat perkelahian antara sesama kawanan Gajah.

Adapun lokasi ditemukannya Gajah yang mati tersebut berjarak dari pemukiman warga kurang lebih 3 km dan hanya dapat dilalui degan menggunakan roda dua serta 500 m harus dilalui degan berjalan kaki.

Saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan penyebab matinya seekor gajah tersebut. Kemudian melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang mengambil gading Gajah yang mati. [Randi]

Related posts