2019 dimulai, bagaiamana resolusi ‘beli rumah’?

(merapiinstagraha.com)

(KANALACEH.COM) – Tak terasa 12 bulan di tahun 2018 sudah berakhir. Iini saatnya menyiapkan resolusi selanjutnya dan harus diwujudkan agar tidak menjadi ‘resolusi’ terus-menerus.

Begitu pula dengan resolusi membeli rumah. Jangan sampai rencana satu ini luput dari fokus Anda, sebab semakin lama ditunda akan semakin sulit digapai

Perlu diingat, harga rumah yang semakin mahal dari tahun ke tahun harus menjadi salah satu alasan Anda mengambil keputusan cepat. Tak harus besar, tipe mungil pun tak masalah sebagai rumah pertama.

Dari sudut pandang saat ini, rumah memang dibutuhkan sebagai sarana tempat tinggal. Namun di masa depan, Anda dapat merenovasi atau membeli rumah yang lebih besar seiring dengan peningkatan kebutuhan keluarga. Tentu saja, asset ini bisa Anda wariskan ke anak-cucu.

 “Willingness itu merupakan poin pertama yang harus dikoreksi dari diri sendiri. Sudah seberapa besarkah Anda melihat rumah sebagai prioritas? Ingat, kalau tidak sekarang kapan lagi!” ucap perencana keuangan, Kaukabus Syarqiyah seperti dilansir laman Liputan6.com, Rabu (2/1).

Menurutnya, memang ada sebagian orang yang dianugerahi dana cukup untuk membeli rumah secara cash, walaupun bertahap. Dengan kondisi ini rasanya rencana beli rumah tidak dianggap sebagai kendala berat.

KPR Masih Dominan

“Di Indonesia, penggunaan KPR memang masih menjadi sumber pembiayaan dominan bagi konsumen dalam pembelian tempat tinggal. Jumlahnya sekitar 70%,” ujar Marine Novita, Country Manager.

Ia menambahkan, umumnya bank memberikan bunga sebesar 9-12% kepada konsumen yang memilih skema KPR.

Bagi Anda yang belum memprioritaskan rumah, Marine juga mengingatkan tentang faktor-faktor yang membuat harga rumah yang terus melonjak.

Selain jumlah penduduk yang meningkat dan lahan yang terbatas, Anda juga harus menyadari bahwa harga bahan bangunan dan upah pekerja yang membangun rumah juga terus merangkak setiap tahun. Jika pembelian rumah terus ditunda, maka Anda akan mendapat harga yang semakin tinggi,” tambahnya.

Nah, dengan waktu setahun penuh, apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri? Berikut tips yang bisa Anda lakukan mulai hari ini.

Cek Kemampuan Sedari dini

“Bagi yang sudah berumahtangga, segera cek tujuan finansial secara bersama. Begitupun dengan yang masih single atau belum menikah. Cek kembali, mau dikemanakan sih penghasilan Anda tiap bulan?” ujar Kikau.

Setelah berkomitmen untuk memprioritaskan rumah, Anda dapat mulai mengukur kemampuan finansial agar lebih mudah menentukan kisaran harga properti yang akan Anda beli.

Sebanyak 1/3 dari jumlah penghasilan Anda adalah nilai maksimum yang akan jadi cicilan. Setelah itu, mulailah mencari properti dengan harga yang sesuai.

“Pemasukan bulanan sekian tapi berharap punya rumah dengan harga lebih dari itu. Tidak sesuai, kan? Reality check itu harus dalam kondisi seperti ini,” Kikau menegaskan. []

Related posts