Facebook ingin gabungkan WhatsApp, Instagram dan Messenger

Mark Elliot Zuckerberg, pendiri Facebook. (dw.com)

(KANALACEH.COM) – Raksasa teknologi Facebook mengumumkan rencananya untuk mengintegrasikan WhatsApp, Instagram dan Messenger. Penggabungan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman perpesanan terbaik untuk miliaran pengguna di dunia.

Dilansir melalui situs VIVA.co.id, Sabtu (26/1), meski digabungkan aplikasi akan berbeda, hanya infrastruktur pesan di dalamnya yang akan sama. Seorang juru bicara Facebook mengatakan, merger akan menjadikan pesan lebih cepat dikirim, sederhana, dapat diandalkan dan lebih tertutup.

Namun beberapa ahli mengatakan bahwa cara tersebut malah bisa berdampak ke privasi pengguna. Juru bicara itu mengatakan perusahaan sedang berupaya membuat lebih banyak produk perpesanan dengan enkripsi end-to-end.

Selain itu mereka juga sedang membuat cara agar pengguna lebih mudah menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan. Belum ada penyataan resmi dari Facebook, namun diperkirakan akan terwujud di awal tahun depan.

Merger ini merupakan kebalikan dari apa yang pernah disampaikan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia dulu mengatakan baik Facebook, Instagram maupun WhatsApp akan beroperasi secara mandiri di jejaring sosial.

Bahkan karyawan WhatsApp dilaporkan kesal dengan rencana ini. Poin utamanya ialah karena terkait privasi data. Pasalnya saat ini pengguna WhatsApp tidak perlu menuangkan informasi pribadinya selain hanya nomor ponsel.

Namun adanya upaya merger ini akan memaksa pengguna WhatsApp untuk mengungkapkan informasi pribadi. Pakar privasi  data, Tim Mackey mengatakan perusahaan harus sangat berhati-hati dalam upaya ini, terlebih mereka pernah memiliki sejarah buruk terkait privasi.

“Menggabungkan informasi pribadi dari tiga aplikasi adalah masalah yang cukup rumit. Tim pengembangan Facebook sebaiknya memprioritaskan privasi pengguna,” tuturnya.

Dalam sebuah pernyataan perusahaan mengatakan bahwa sudah ada diskusi dan debat panjang ketika mereka ingin memulai prosesnya (merger) dan bagaimana sistem ini akan bekerja di masa mendatang. []

Related posts