Banda Aceh dan Selangor bahas rencana pemugaran Makam Raja Muda Nala

(ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh dan Selangor bahas rencana pemugaran Makam Raja Muda Nala

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Banda Aceh membahas kemungkinan kerjasama dengan Nergeri Selangor, Malaysia. Pertemuan yang dipimpin langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman berlangsung di Balai Kota, Selasa (29/1). Dari pihak Selangor, rombongan dipimpin Ketua Pegawai Eksekutif Perbadanan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Dato’ Paiman Bin Keromo.

Dari jajaran Pemko Banda Aceh, turut mendampingi Wali Kota, Staf Ahli Wali Kota, Rizal Junaedi dan Syukri, Kepala Kesbangpolinmas Kota, Faisal, Sekdis Pariwisata, Said Fauzan dan Kabag Humas Setdakota, Taufiq Alamsyah.

Ads

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak membahas kemungkinan kerjasama sister city antara Banda Aceh dan Selangor. Pertemuan ini, kedua belah pihak juga membahas rencana pemugaran makam Raja Muda Nala. 

Pihak Selangor saat ini sedang memastikan makam yang berlokasi di belakang Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah adalah makam Raja Muda Nala yang mangkat saat membantu Aceh berperang dengan Portugis.

“Kami juga sedang memastikan kebenaran makam ini. Kalau benar ini makam Raja Muda Nala, rencananya Raja Selangor akan datang kesini,” ungkap Dato’ Paiman. Lanjutnya, Kerajaan Selangor merencanakan akan memugar makam tersebut.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah sendiri mengaku setuju dan tidak keberatan dengan rencana pemugaran makam tersebut, namun Wali Kota meminta pemugaran ini dilakukan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Kata Wali Kota, perlu ada rekomendasi dari tim Cagar Budaya Aceh sebagai langkah pertama. Kemudian perlu dikaji undang undang yang dibolehkan untuk pemugaran makam tersebut.

“Kita juga ingin meminta desainnya, kita harap bisa menjadi destinasi wisata baru yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan,” harapnya.

Aminullah juga mengatakan sebaiknya pemugaran ini dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman dalam bentuk MoU yang kemudian diikuti dengan kerjasama antara Banda Aceh dan Selangor dalam bidang pariwisata dan bidang bidang lainnya.

Diakhir pertemuan, Wali Kota dan Dato’ Paiman Bin Keromo saling bertukar cindera mata. [Randi/rel]

Ads