Puting Beliung hancurkan satu unit rumah di Aceh Tengah

Ilustrasi. Angin puting beliung rusak rumah warga. (Foto warga/Harry)
--Ads--

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Angin kencang disertai hujan hancurkan satu rumah milik warga bernama Muklis (65) di Desa Pestak, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Informasi yang diperoleh dari Sekretaris BPBD Aceh Tengah, Mauiza Uswa mengatakan, rumah warga yang terbawa angin itu hanya mengalami rusak ringan. Pihaknya juga sudah melakukan perbaikan.

“Kondisi sudah mulai kondusif dan tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka dalam kejadian ini,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (1/2).

Ads

Informasi BMKG Blang Bintang menyebutkan puting beliung, petir, hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi secara bersamaan di sejumlah wilayah Provinsi Aceh pada Januari 2019.

Dijelaskan bahwa jika panas di pagi hari sangat terik, kemudian dilanjutkan mendung siangnya, serta menjelang sore ikut terbentuk awan seperti gunung menjulang tinggi, maka sore harinya berpotensi terjadi petir dan puting beliung.

Jika warga melihat ada bagian cakrawala tertutup sebagian dengan awan mendung hitam dan di bagian yang lain cerah, terang, dan hangat sekali, maka di posisi antara keduanya, berpotensi terjadi petir dan puting beliung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh Ahmad Dadek menghimbau masyarakat Aceh tetap waspada bila melihat gejala-gejala alam seperti itu, yang diperkirakan berpotensi terjadi di sore hari menjelang malam hari.

“Masyarakat harus tetap waspada dan menjaga diri jika ada potensi bencana seperti itu,” sebutnya. [Randi]

Ads