Indonesia Resmi Gelar MotoGP dan World Superbike 2021

Data dan fakta jelang MotoGP Jerman
Moto GP.
--Ads--

Jakarta (KANALACEH.COM) – Dorna selaku promotor ajang balap motor bergengsi dunia akhirnya resmi mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Tak hanya itu, Indonesia juga akan menggelar kejuaraan World Superbike (WSBK).

Sebelumnya, Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menjalin kesepakatan untuk menggelar dua kejuaraan itu di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019. Indonesia bakal menggelar MotoGP dan WSBK di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

ITDC kabarnya akan membangun sirkuit balapan dengan konsep jalan raya, seperti balapan Formula 1 di GP Singapura dan Monako. Nantinya, sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan.

Ads

“Ini akan menjadi sebuah rencana yang unik. Memiliki sirkuit urban dan kelas dunia di negara dengan fans MotoGP yang sangat besar,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dilansir laman VIVA.co.id, Sabtu (23/2).

“Indonesia adalah kunci bagi pemasaran kami menilik dari persentase fans olahraga otomotif yang sangat tinggi di sana. Atmosfer MotoGP akan semakin kental di sana ketika sirkuit sudah selesai dibangun,” ujarnya.

Ezpeleta menilai adanya WSBK juga akan membuat tontonan lebih menarik. Warga Lombok bakal disuguhi dua ajang kelas dunia di area yang sama.

“Kami sangat antusias bisa bermitra dengan Dorna dan bahagia sekali bisa membawa kejuaraan-kejuaraan balap motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok secara bersamaan,” ujar CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer, memberikan tanggapan. []

Ads