Pesisir Pantai Laut Susoh Dipenuhi Sampah

Kondisi pantai susoh yang tercemar sampah. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemandangan sampah menumpuk menghiasi sepanjang bibir pantai Ujong Serangga Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kondisi pantai ini sangat memprihatinkan. Jangankan bisa melihat panorama keindahan, ekosistem laut pun menjadi terancam tercemar.

Sampah yang memenuhi bibir pantai itu berlokasi di Keude Pasi. Banyaknya sampah menjadi potret ekosistem laut yang tidak terjaga.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Lingkungan Hidup (Perkim-LH) melalui Sekretaris Armiyadi, menyayangkan atas banyaknya tumpukan sampah yang mencemari perairan laut Susoh itu.

“Memang sangat disayangkan, sampah-sampah itu mencemari pantai,” ucapnya.

Dirinya menyebutkan, penyebab banyaknya sampah dikarnakan aliran sungai dekat dengan muara, tapi ada juga dari masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Dikatakannya, Dinas terkait sudah ada rencana untuk membersihkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Syahbandar untuk bekerja sama membersihkan pantai itu.

“Nanti sebelum HUT Abdya sudah kita bersihkan semua”. Tutupnya

Sebelumnya sampah ini sudah di bersihkan oleh para relawan, LSM dan komunitas. Namun, sampah tersebut kembali menumpuk. [Jimi Pratama]

Related posts