Panwaslih Banda Aceh Gelar Simulasi Pemilu

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh melakukan pelatihan simulasi proses pemungutan dan perhitungan suara di hotel grand nanggroe.

Acara simulasi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Training Of Trainer bagi fasilitator Panwaslu Kecamatan Se-Kota Banda Aceh yang berlangsung selama 2 hari.

Anggota panwaslih kota Banda Aceh, Elly Safrida mengatakan, secara teknis, kegiatan ini tertuang dalam PKPU nomor 03 Tahun 2019. Pihaknya melakukan sosialisasi ini agar peserta kegiatan memahami bagaimana tatacara pemungutan dan perhitungan suara pada 17 April nanti.

Baca: Masih Banyak Caleg yang Pasang APK Sembarangan di Banda Aceh

“Sehingga Panwaslu kecamatan dapat memberi bimbingan kepada seluruh pengawas TPS nantinya. Karena tugas Pengawas TPS itu adalah mengawasi agar proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan sesuai dengan aturan yang tertuang dalam PKPU nomor 03 Tahun 2019,” katanya melalui pesan tertulis yang diterima, Jumat (22/3).

Sementara itu, Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh Afrida berharap dengan adanya kegiatan ini maka kedepan kesalahan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara, dapat di minimalisir.

“saya juga menghimbau agar masyarakat Kota Banda Aceh dapat memberikan bantuan dan dukungannya dari dalam membantu kinerja panwaslih kota banda aceh, baik itu dalam bentuk mengawasi atau melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,” kata Afrida. [Randi/rel]

Related posts