Cicip Kuah Beulangong, Wisman: Mangat That !

Sabang (KANALACEH.COM) – Ribuan warga dan wisatawan di Kota Sabang memadati festival kuah beulangong di sepanjang Jalan Diponegoro, Kota Sabang, Minggu (31/3). Tak ketinggalan, wisatawan asing turut memuji makanan tradisional Aceh itu.

Dari awal para wisatawan asing ini sudah menunggu masaknya dan sudah tak sabar ingin mencicipi makanan Aceh ini.

Giant Costa, seorang wisatawan asal Swiss saat mencicipi kuah beulangong langsung mengangkat jempolnya kepada warga. Ia berkata dalam bahasa Aceh, Mangat That!.

“Kuah beulangong mangat that. Ini kari yang cukup enak, bumbunya terasa sekali,” katanya usai mencicipi kuah beulangong.

Ia bersama rekannya sudah sejak pagi mengantri dan penasaran untuk bisa mencicipi makanan ini. Menurutnya, Aceh memiliki makanan yang enak dan lezat. Apalagi, ia takjub dengan ramainya orang yang mengantri untuk bisa makan kuah beulangong di Sabang.

“Ini penuh dengan orang, hebat. Ini bisa memancing pelancong lain untuk datang ke Sabang,” ucapnya.

Festival ini bagian dari kegiatan Kanduri Laot yang dimulai sejak Sabtu kemarin. Pantauan kanalaceh.com, sejak pukul 08:00 WIB, sudah ramai warga dan wisatawan yang mengantri untuk bisa mencicipi kuliner khas Aceh itu.

Seluruh peserta lomba berjejer disepanjang jalan dengan menyertakan perlengkapan masak, dan berbagai bahan yang akan dijadikan menu masak mereka.

Kegiatan ini diikuti 75 peserta yang terdiri dari rumah makan yang cukup terkenal dari seluruh Aceh, SKPK Sabang dan perangkat desa se-kota Sabang dan pihak lainnya.

Walikota Sabang Nazaruddin mengatakan, pihaknya ingin melestarikan masakan yang sudah melegenda ini. Tentunya, ingin memanjakan wisatawan yang sedang berkunjung ke Sabang.

“Kita juga ingin kegiatan ini sebagai upaya kita dalam melestarikan masakan tradisional Aceh, serta memperkenalkan masakan kuah beulangong kepada wisatawan lokal dan wisatawan manca
negara yang berkunjung ke Sabang,” kata Nazaruddin. [Randi]

Related posts