Mantul! Pemko Sabang Gratiskan Gas 3 Kg Bagi Warganya Setiap Bulan

Pemko Sabang memberikan bantuan gas elpiji secara simbolis bagi warganya. (Foto: Humas Pemko Sabang)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menggratiskan tabung gas elpiji 3 kilogram kepada warganya. Program ini memastikan agar warga tidak lagi mengantre untuk mendapatkan pasokan gas untuk rumah tangga.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin menyebutkan, bantuan itu bukan hanya gas saja. Tapi juga, masyarakat Sabang di subsidi soal listrik. Untuk 4 Ampere disubsidi Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu untuk 2 Ampere.

“LPG 3 kilogram kita gratiskan dan listrik kita subsidi Rp 100 ribu untuk 4 ampere serta Rp 50 ribu untuk 2 ampere” kata Nazaruddin usai menyalurkan bantuan itu secara simbolis, Senin (1/4).

Baca: Tak Ada Penerbangan, Wisatawan ke Sabang Menurun

Bantuan Listrik dan LPG, kata Nazaruddin merupakan salah satu program Pemerintah Kota Sabang. Program ini dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan energi listrik dan gas LPG, bagi masyarakat Kota Sabang yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca: Sabang Dukung Menteri Susi Hibahkan Uang ke Nelayan Aceh

Pada tahun ini, jumlah warga yang tersebar di 18 Desa di Sabang yang terdata untuk mendapat subsidi listrik berjumlah 6.846 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan untuk penerima LPG 3 kilo gratis berjumlah 6.606 (KK). Mereka mendapatkan elpiji gratis masing-masing satu tabung setiap bulannya.

Penyaluran itu juga sudah berlaku sejak 2018 lalu. Untuk tahun ini penyaluran diberikan pada masing-masing kantor desa, untuk mempersingkat dan mempermudah warga dalam mengambilnya.

“Sekarang Kita serahkan ke desa. Kita permudah dan persingkat birokrasi. Ini untuk mempermudah rakyat agar tidak lagi mengantre lama-lama di Kantor Pos. Nantinya masyarakat tinggal (ambil) di kantor desa saja,” ujarnya.

Selain program tersebut, pihaknya juga mewacanakan pemberian uang gizi untuk bayi baru lahir hingga berusia 6 tahun. Bantuan tersebut diberikan sebesar Rp 150 ribu per anak setiap bulannya. Setelah enam tahun, mereka nantinya akan mendapatkan uang pendidikan. [Randi]

Related posts