BMKG Perkirakan Cuaca di Aceh Pada Hari Pencoblosan Cerah Berawan

Hari ini Aceh Dua kali diguncang gempa, ini analisis BMKG
BMKG

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan bahwa kondisi cuaca di wilayah utara timur Provinsi Aceh, pada beberapa hari ke depan, utamanya di hari pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, diperkirakan akan cerah berawan.

“Berdasarkan prakiraan cuaca yang dilakukan, untuk tiga hari ke depan, kondisi berawan hingga hujan ringan. Sedangkan pada hari Rabu tanggal 17 April, kondisi cuaca cerah berawan pada pagi harinya,” ungkap Arijuddin Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh seperti dilansir laman Antara, Senin (15/4).

Ia mengatakan, pembentukan awan hujan biasanya terjadi pada sore hari setelah melalui proses pemanasan oleh matahari , sehingga diperkirakan hujan ataupun petir terjadi pada sore hingga malam hari, namun pada pagi harinya, kembali cerah berawan.

Ads

“Perkiraan kami pada hari Rabu, 17 April 2019, kondisi cuaca pada pagi hari cenderung cerah berawan, dimana pada pagi hari diperkirakan awan menengah lebih dominan. Siang menjelang sore diperkirakan mulai terbentuk awan penghujan yang dapat berpotensi terjadi hujan dan petir,” jelas Arijuddin.

Kondisi cuaca yang demikian menurut analisis pihaknya, dikarenakan adanya belokan angin di daerah Aceh sehingga terbentuk awan-awan penghasil hujan serta mempengaruhi suhu serta kelembaban udara di sekitar wilayah Lhokseumawe, tambahnya.

Sementara itu, kondisi cuaca pada 17 April di sejumlah daerah di wilayah utara dan timur Provinsi Aceh sebagai berikut, Simpang Tiga Redelong kelembaban udaranya berkisar antara 70 – 98 persen, Bireun antara 63-95 persen, Lhokseumawe antara 63-95 persen, Lhoksukon 63-95 persen, Idi Rayeuk 63-95 persen dan Kota Langsa juga berkisar antara 63-95 persen. []

Ads