Jelang Pemilu, Danlanud SIM Tegaskan Netralitas TNI

Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Hendro Arief . (Foto: Lanud SIM)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jelang Pemilu 2019, Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Hendro Arief menegaskan netralitas TNI, dihadapan seluruh personelnya saat apel pagi di VIP Room Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Senin (15/4).

Menurutnya netral berarti tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihaK, sehingga netralitas TNI berarti TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Baca: Danlanud SIM ajak siswa teladani semangat pejuang kemerdekaan

Ads

“Kita mengetahui tanggal 17 April mendatang akan bergulir pesta demokrasi pemilihan umum, saya berharap seluruh personel memegang teguh netralitas TNI sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang tertulis pada buku saku pedoman netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada,” katanya.

Lanjut dikatakan, ia mengimbau semua pihak untuk tidak terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan menyebar hoax menjelang pencoblosan.

“Apalagi termakan isu-isu atau berita hoax yang belum jelas kebenarannya,” tegasnya. Langkah antisipasinya, komunikasi dan koordinasi yang baik, kemudian laporkan secara berjenjang. “Saring sebelum sharing,” katanya.

Danlanud Sultan Iskandar Muda berharap seluruh personelnya mengimplemantasikan netralitas TNI hingga berakhirnya pesta demokrasi.

“Mari bersama-sama kita mengamankan penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada sesuai tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri,” tegasnya. [Randi/rel]

Ads