KIP Aceh Yakin Partisipasi Pemilih di Atas 75 persen 

(ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal memberikan sejumlah catatan terkait pemungutan dan penghitungan suara. Sesuai pantauan pihaknya, proses berlangsung lancar dan aman.

“Tidak ada kendala yang cukup mengganggu, kendati ada beberapa kejadian kecil di TPS, seperti tertukarnya surat suara antar dapil. Hal itu kemudian tidak menimbulkan hambatan dalam pencoblosan,” katanya seperti dilansir laman kip.acehprov.go.id, Jumat (19/4).

Terkait surat suara tertukar atau kekurangan misalnya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lapangan bertindak cepat sesuai petunjuk yang telah disosialisasikan sebelumnya. Mereka langsung melapor ke PPK, selanjutnya ke Komisioner KIP di kabupaten/kota. “Memang ada beberapa TPS sempat stagnan satu sampai dua jam, karena surat suara tertukar atau kurang. Hal ini dapat diatasi dengan cepat,” katanya.

Ads

Terkait partisipasi pemilih, Akmal Abzal mengatakan pemilih di Aceh sangat antusias dalam mencoblos di hari-H. “Kami yakin partisipasi melebihi target ditetapkan nasional atau di atas angka 75 persen.” ujarnya.

Saat ini, tahapan rekapitulasi suara sedang dilakukan di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Hasil penghitungan suara sudah di kantor PPK, sebagian dibawa semalam, sebagian tadi pagi, Tergantung lancar tidaknya penghitungan di TPS-TPS,” katanya. [KIP Aceh]

Ads