Aminullah Dukung Pertumbuhan UMKM

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memastikan Pemko Banda Aceh siap mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM di Banda Aceh. Aminullah juga menegaskan Pemko siap membantu memasarkan produk-produk unggulan dari karya para perajin UMKM.

Hal ini disampaikan Wali Kota saat membuka pasar murah, Sabtu (20/4) di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh.

Di pasar murah yang digelar Pemko melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bukan hanya menyediakan barang pokok bagi kebutuhan masyarakat kota jelang Ramadhan, di lokasi juga disediakan space bagi UMKM menjual produk mereka. Pemko memfasilitasi lokasi bagi para komunitas UMKM menjual sejumlah produk karya perajin, seperti aneka kuliner, fashion, handycraft, dan lainnya.

Baca: Sambut Ramadhan, Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah

Ada 100 produk UMKM yang dijual dari di pasar murah. Wali Kota sendiri berkesempatan melihat langsung dan ikut berbelanja produk-produk unggulan tersebut.

Dalam kesempatan ini sosok yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini mengungkapkan rasa kebanggaannya terhadap perkembangan UMKM di Banda Aceh. Wali Kota mengatakan Pemko mendukung penuh dan akan terus mendorong UMKM terus berkembang di Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, dengan terus tumbuh dan berkembangnya sektor UMKM akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan.

“Kenapa kita dorong UMKM, karena kita ingin menurunkan angka pengangguran. Dalam dua tahun sudah turun menjadi 7,29% dari angka 12%. Untuk kedepan kita ingin menurunkan hingga dibawah 3%,” ungkap Wali Kota.

Aminullah juga menyampaikan, berkembangnya UMKM memiliki keterkaitan dengan sekor wisata. Semakin tinggi kunjungan wisata maka akan semakin besar peluang yang bisa didapatkan para perajin lokal.

“Jadi Saya minta, teman-teman UMKM juga ikut mempromosikan Banda Aceh. Karena dampaknya juga akan dirasakan UMKM juga. Ketika banyak yang berkunjung kesini, pasti mereka akan membelanjakan uangnya, seperti untuk souvenir dan oleh-oleh,” kata Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga meminta komunitas yang dipimpin Yudi Hidayat ini dapat membuat program-program yang membuat para perajin terus berinovasi.

“Misalnya buat program lomba produk UMKM, juaranya akan mendapatkan piala Wali Kota dan uang pembinaan berupa modal usaha. Kita akan mendukung itu,” pinta Aminullah. [Randi/rel]

Related posts