Partisipasi Pemilih di Sabang Meningkat, Capai 89 Persen

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan saat memberikan arahan kepada sejumlah saksi dari Partai peserta Pemilu 2019 di Kecamatan Sukakarya Sabang. (Kanal Aceh/ist)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, Azman mengatakan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Sabang mencapai 89 persen.

Dari data yang didapat oleh pihaknya, ada peningkatan dari tahun 2014 lalu yang hanya mencapai angka 84 persen, ini merupakan suatu prestasi bagi relawan Demokrasi yang telah berhasil mengajak masyarakat agar tidak golput.

“Masyarakat telah berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, 89 persen pemilih di Kota Sabang ikut menggunakan hak pilihnya. Ini merupakan prestasi bagi relawan Demokrasi yang bertugas mengajak masyarakat agar tidak golput. Pada tahun 2014 yang lalu angkanya 84 persen pemilih dan tahun 2019 meningkat menjadi 89 persen pemilih,” katanya, Kamis (25/4).

Ads

Untuk hasil perolehan suara baik jumlah perolehan suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DRPA, maupun jumlah perolehan suara DPRK, pihaknya masih melakukan perekapan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Perekapan di Kecamatan Sukakarya akan selesai dalam waktu dua hari ke depan, dan Kecamatan Sukajaya kemungkinan selesai dalam waktu empat sampai lima hari. “Setelah selesai, selanjutnya akan dilakukan rekap di tingkat Kabupaten/kota,” terang Azman.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukakarya, Iwan Lesmana, pada saat ini pihaknya sedang menyelesaikan proses rekap ditingkat Kecamatan, untuk menghimbu masyarakat agar bersabar menunggu hasil rekapan tersebut.

Iwan mengatakan, masyarakat juga tidak terprovokasi dengan berita-berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dan mengajak masyarakat untuk ikut bersama mengawal proses tahapan Pemilu sampai selesai dengan mentaati peraturan yang ada. [DA]